Kesal tak Kunjung Diperbaiki, Warga Haur Batu Tambal Jalan dengan Batu

PARINGIN, MK - Kondisi jalan usaha tani sepanjang 2 kilometer di Haur Batu Kelurahan Paringin Kota, RT. 12 dan 13 Kecamatan Paringin, Kabupaten Balangan yang kian memprihatinkan menjadi keluhan warga. Apalagi jalan ini menjadi akses warga untuk ke kebun dan mengangkut hasil panen.

Pasalnya, jalan tersebut beberapa tahun terakhir tidak pernah mendapat perhatian pemerintah daerah. Sementara ini warga Haur Batu, bahu membahu menambal jalan yang berlobang menggunakan batu dan kayu secara bergotong royong.

"Jalan ini memang kondisinya rusak parah, karena belum permanen. Jalan tersebut diperkirakan 1 kilometer yang di serang pondasi dan  di ampar sirtu, namun kondisinya juga sangat rusak, sedangkan lebih dari 1 kilometer yang tanpa sering pondasi keadaannya sangat memperhatikan," tutur Hindri, warga sekitar saat ditemui di lokasi jalan rusak, Sabtu (27/3/2021).

Terpaksa, tambah Hindri, warga sekitar bergotong royong bahu membahu mengumpulkan dana untuk menambal jalan yang berlobang dengan batu.

"Jalan usaha tani ini merupakan akses vital warga Haur Batu dalam beraktivitas ke kebun karet dan sawah. Sehingga jalan ini harus ditambal untuk menahan sementara agar tidak semakin parah," ucapnya.

Bahkan Ramli, warga sekitar juga menilai jalan usaha tani yang ada di kampungnya sudah seharusnya diperhatikan pemerintah, karena jalan tersebut akses satu-satunya warga dalam mengangkut hasil panen petani.

"Kita berharap jalan ini secepatnya bisa diperhatikan pemerintah daerah. Jangan sampai jalan ini hanya dibiarkan begitu saja, karena banyak warga yang bergantung di jalan tersebut," harapnya.

Sementara itu, Sekretaris Kelurahan Paringin Kota, Novia Santi Inanda, saat dihubungi menyampaikan, pihaknya dulu pernah menerima usulan perbaikan jalan usaha tani tersebut di dalam Musrenbang.

"Beberapa tahun lalu pernah diusulkan, waktu Musrenbang, namun untuk usulan Musrenbang tahun 2021 kita tidak ada memverifikasi usulannya terkait jalan tersebut," jelasnya.

Selanjutnya, pihaknya akan kembali mengusulkan dan berkonsultasi bersama Dinas Pertanian terkait tindak lanjut permasalahan jalan tersebut.

Terpisah, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Balangan, Rahmadi saat dikonfirmasi mengaku sangat merespon cepat atas keluhan warga terkait jalan usaha tani yang keadaan rusak tersebut.

"Nanti hari senin pagi setelah  bertemu kawan-kawan kita akan lakukan survei, untuk meninjau kondisi jalan usaha tani tersebut," tuturnya.[agus]

loading...

Posting Komentar

0 Komentar