Cegah Karhutla, Legislator Kota Palangka Raya: Kepedulian Bersama

Cegah Karhutla, Legislator Kota Palangka Raya: Kepedulian Bersama

PALANGKA RAYA, MK - Kalangan anggota DPRD Palangka Raya meminta masyarakat untuk turut peduli dalam pencegahan sejak dini agar tidak terjadinya Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang bisa menimbulkan bencana kabut asap.

"Karhutla setiap tahunnya selalu terjadi di Kota Palangka Raya. Intinya, peran serta masyarakat untuk saling peduli dalam pencegahan dini terjadinya karhutla, dimulai dari lingkungan sekitar," ujar Ruselita, anggota Komisi B DPRD Palangka Raya, Jumat (12/3/2021).

Dikatakan perempuan berhijab ini, dalam mengantisipasi karhutla tidak bisa dilakukan hanya oleh pemerintah saja, melainkan peranan masyarakat juga sangat penting, terlebih wilayah yang sejauh ini rawan terjadinya karhutla.

Dibeberkan legislator Partai Perindo itu, baru-baru ini Pemerintah Kota Palangka Raya sudah melakukan persiapan dengan melaksanakan apel gabungan guna melihat kesiapan dalam pencegahan karhutla sejak dini.

"Pemerintah melalui instansi terkait memang sudah melakukan siaga sejak dini. Namun lagi-lagi tanpa bantuan masyarakat pasti tidak maksimal, apalagi terjadinya karhutla kerap tidak bisa ditebak," ungkapnya.

Menurutnya, sekalipun masyarakat sedang melawan Covid-19 dengan taat menjalankan protokol kesehatan, namun antisipasi terjadinya karhutla tidak bisa dilupakan.

"Berpulang pada kepedulian masyarakat untuk ikut serta mencegah dini karhutla. Semuanya pasti merasakan dampak bencana karhutla pada 2015 silam. Maka itu, jangan sampai kondisi serupa terjadi," tukasnya.[kenedy]
Lebih baru Lebih lama