Melalui Vidcon, Plh Bupati Kotabaru Ikuti Pengarahan Presiden tentang Karhutla

Melalui Vidcon, Plh Bupati Kotabaru Ikuti Pengarahan Presiden tentang Karhutla

KOTABARU, MK - Plh Bupati Kotabaru, Said Akhmad mengikuti pengarahan dari Presiden Republik Indonesia melalui Video Conference (Vidcon) tentang pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Operation Room Setda Kotabaru, Senin (22/2/2021).

Ini sudah menjadi agenda tahunan Pemerintah memasuki perubahan iklim mengadakan pertemua baik Pusat maupun Daerah. Ini juga sebagai persiapan menghadapi adanya Karhutla di daerah masing-masing.

Turut hadir Dandim 1004/Ktb, Danlanal Kotabaru, Kapolres Kotabaru, Kejaksaan Negeri Kotabaru, dan Kepala SKPD.

Dalam arahannya, Presiden Joko Widodo menyampaikan, acara pertemuan ini rutin dilakukan dengan tujuan mengingatkan kepada semua pemangku jabatan mulai dari pusat hingga daerah agar mengetahuinya terutama yang baru menjabat.

"Ya, sebenarnya pertemua ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya agar kembali mengingatkan terutama yang baru menjabat agar mengetahui," ucapnya.

Selain itu, ungkapnya, walaupun saat ini kita menghadapi berbagai permasalahan baik itu musibah banjir, longsor, dan lainnya di beberapa daerah, akan tetapi kita jangan lengah namun harus tetap waspada apalagi masuk bulan Mei hingga Juli sudah masuk musim panas jadi harus antisipasi adanya Karhutla terutama Sulawesi dan Kalimantan.

"Kita harus waspada dengan antisipasi lebih awal dan koordinasi hingga ketingkat bawah sebab 99 persen Karhutla terjadi karena lalai dengan modus perekonomian jadi manfaatkan teknologi untuk memantau lokasi titik panas," tegasnya.

Menanggapi hal itu, Plh Bupati Kotabaru H Said Akhmad mengatakan, pihaknya segera mengadakan pemetaan daerah yang rawan kebakaran dan berkoordinasi dengan semua pihak terkait. Ini dengan harapan nantinya tidak ada pembakaran lahan karena seperti tahun kemarin masuk musim penghujan.

"Mudah-mudahan seperti tahun kemarin kembali masuk musim penghujan sehingga tidak ada terjadi kebakaran," jelasnya.[zainuddin]

Lebih baru Lebih lama