Jangan Jadi Penonton, Gubernur: Mari Berkarya

Jangan Jadi Penonton, Gubernur: Mari Berkarya

PALANGKA RAYA, MK - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H Sugianto Sabran menargetkan udang tambak yang ada di Kabupaten Sukamara akan didistribusikan ke luar Kalteng, terutama ke Jakarta. 

Dalam waktu 2,5 bulan lagi akan ada panen udang yang diperkirakan mencapai 40 ton. Terkait hal itu Gubernur terus mendorong Bupati dan Pemkab serta pengelola untuk menjaga dan memantau terus potensi tambak tersebut agar tidak ada masalah.

"Hasil panen udang tersebut nantinya akan didistribusikan ke Jakarta dengan harapan dapat meningkatkan perekonomian di wilayah pesisir Kalteng, ini juga berdampak untuk masyarakat tidak hanya Sukamara namun para nelayan dan petambak udang," kata Gubernur, Rabu (23/2/2021).

Dikatakannya, Pemkab Sukamara harus serius dan fokus dalam pengelolaan tambak udang. Pemprov Kalteng akan membantu semaksimal mungkin agar hasil yang didapatkan sesuai harapan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia.

"Kalteng harus bersyukur karena mendapatkan banyak sekali program strategis nasional yang diamanahkan ke Bumi Tambun Bungai, termasuk tambak udang, perikanan, pertanian dan lainnya," imbuhnya.

Dengan program strategis nasional (PSN) di Kalteng, orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai tersebut berharap kepada pemangku kepentingan dan semua elemen masyarakat bisa bekerjasama dengan baik, agar program yang diamanahkan bisa berjalan dengan baik dan hasilnya maksimal untuk kepentingan masyarakat Kalteng dan nasional.

"Mari satukan tekad untuk membangkitkan ekonomi Kalteng dengan mengambil kesempatan yang diberikan pemerintah pusat untuk Bumi Tambun Bungai," ujarnya.

Ia juga menuturkan, KKP telah membangun percontohan tambak udang berkelanjutan di Desa Sungai Pasir, Kabupaten Sukamara. Program tambak berkelanjutan masuk dalam program prioritas untuk mendorong ekspor udang nasional.

Dalam menjalankan program strategis nasional, Pemerintah melibatkan masyarakat Kalteng.

"Saya tidak ingin masyarakat Bumi Tambun Bungai hanya menjadi penonton di program strategis ini, kita harus berkarya dan meningkatkan perekonomian bersama sama," tegasnya.[kenedy]
Lebih baru Lebih lama