Food Estate, Petani Saka Lagun Panen Perdana Padi Hibrida

Food Estate, Petani Saka Lagun Panen Perdana Padi Hibrida

KUALA KAPUAS, MK - Ekspresi gembira tampak terlihat dari raut wajah para petani dan warga Desa Saka Lagun Kecamatan Pulau Petak, Kabupaten Kapuas, Kalteng.

Bersama dengan Kepala Desa Saka Lagun Julkipli, mereka menggelar syukuran panen perdana padi Hibrida di lahan milik warga setempat yang masuk kawasan program pengembangan ketahanan pangan nasional food estate, Rabu (24/2/2021).

Tampak pula hadir Danramil 1011-95 Kapten Inf Handoyo, Koordinator penyuluh H Widadi SP, Petugas Penyuluh Pertanian (PPL) Muhammad Imron, pengamat Hama H Rivani Hifni dan peserta para perwakilan ketua Poktan di Saka Lagun sponsor dari obat hama dan penyakit PT. Sari Kresna Kimia serta warga dan petani setempat.

Kepala Desa Saka Lagun Julkipli mengatakan, panen kali ini di atas lahan seluas 1,5 hektare milik petani atas nama Syahrian di lokasi sawah yang terletak di Handil Rigei Jalan Malang 2 Desa Saka Lagun.

"Kita patut bersyukur panen perdana ini, semoga menjadi motivasi bagi kami khususnya petani dan warga Desa Saka Lagun," kata Julkipli.

Atas nama pemerintahan Desa, petani dan warga setempat Kepala Desa Saka Lagun menyampaikan terimakaish atas support, dukungan dan pembinaan dari pemerintah dalam pengembangan pertanian di wilayahnya.

Terlebih, Desa Saka Lagun merupakan salah satu lokasi yang masuk kawasan program nasional food estate, yang rencananya diproyeksikan untuk 3 tahun kedepan

"Jadi diharapkan petani bisa memanfaatkan dan memaksimalkan olah pertanian sekaligus demi menyukseskan program food estate 2021 ini," ujar Kades Julkipli.

Sementara itu, PPL Muhammad Imron mengungkapkan rasa syukur. Pasalnya wilayah binaannya sukses penen perdana, dimana ini baru pertama kali panen dalam kurun waktu hanya 3 bulan.

"Panen ini varietas Hibrida F1 Suppadi 89, dengan usia panen 112 hari," ungkap Imron.

Sebelumnya, kata Imron di wilayah binaannya tersebut hanya panen 1 kali dalam setahun.[zulkifli]
Lebih baru Lebih lama