Sosialisasi dari BPN Disambut Baik Pemdes Bamban

TAMIANG LAYANG, MK - Kehadiran pihak Badan Pertanahan Negara (BPN) Kabupaten Barito Timur (Bartim) Kalimantan Tengah yang telah menyempatkan diri untuk sosialisasi terkait pembuatan sertifikat tanah disambut baik oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Bamban, Kecamatan Benua Lima.

Kepala Desa Bamban, Kariani M menyatakan dukungan atas program yang dicanangkan Pemerintah untuk melakukan pengukuran pada masing-masing warganya yang belum memiliki sertifikat.

"Kita telah mendengarkan penyampaian dari pihak-pihak terkait, baik dari pihak BPN maupun pihak lainnya yang kedepannya akan di rapatkan kembali terkait proses pendaftaran dan pembiayaan saat melakukan pengukuran nantinya," ungkapnya, Rabu (24/2/2021).

Sementara itu, Kausar salah satu petugas BPN menjelaskan, pada prinsip pelaksanaan Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap Partisipasi Masyarakat (PTSL-PM) bidang-bidang tanahnya Merapat, Mendekat dan Menyeluruh (3M). 

"Perlu kami sampaikan bahwa tahapan PTSL-PM Tahun 2020 telah dibiayai dalam DIPA Kantor Wilayah BPN  Provinsi Kalimantan Tengah atau tidak dipungut biaya," ungkapnya.

PTSL-PM, lanjutnya, dengan syarat bidang tanah atau obyek tanah yang didaftarkan berada dalam Areal Penggunaan Lain (APL). Hal tersebut tidak berada dalam kawasan hutan, tidak dalam lahan gambut, tanah yang dimohon belum bersertifikat atau tidak masuk dalam HGU dan tidak sengketa (clean and clear).[rama]
loading...

Posting Komentar

0 Komentar