Anggota DPRD Kapuas Dukung Pelaksanaan UKSK Guru Kontrak

Anggota DPRD Kapuas Dukung Pelaksanaan UKSK Guru Kontrak

KUALA KAPUAS, MK - Anggota DPRD Kabupaten Kapuas Lawin mendukung pelaksanaan Uji Kompetensi dan Survei Kinerja (UKSK) bagi ribuan guru kontrak di Kabupaten Kapuas.

Wakil rakyat dari Partai Hanura ini mengatakan, peningkatan kualitas tenaga pendidik ini hendaknya dibarengi dengan peningkatan kesejahteraan.

"Uji ini dimaksudkan untuk meningkatkan kulaitas dan mengukur kemampuan guru kontrak untuk menjadi tenaga pengajar profesional," kata Lawin, Selasa (2/2/2021).

Wakil rakyat dari Dapil IV ini juga berkesempatan meninjau langsung pelaksanaan UKSK di SDN Palingit  Kecamatan Pulau Petak pada Rabu, 27 Januari 2021 lalu.

"Uji kompetensi tersebut memang harus dilakukan untuk mengetahui kemampuan mereka," ucapnya.

Jika sudah dinyatakan lulus, berarti para guru kontrak dinyatakan kompoten.

“Guru merupakan pendidik yang nantinya akan memberikan pendidikan kepada anak didik. Sehingga perlu diuji, untuk dinyatakan kompeten,” ungkapnya.

Sebelum itu, Kepala Dinas Pendidikan Kapuas, H Suwarno Muriyat menyampaikan, sebanyak 3.544 guru kontrak di Kabupaten Kapuas, mengikuti Uji Kompetensi dan Survei Kinerja, kegiatan dilakukan secara serentak di 17 kecamatan.

Kegiatan tersebut digelar dalam upaya meningkatkan kualitas dan kemampuan mengajar para guru-guru kontrak di Kabupaten Kapuas.

“Uji kompetensi yang dimaksud adalah untuk melihat kemampuan guru kontrak dalam mengajar. Sehingga akan diketahui apakah yang bersangkutan sudah kompeten atau tidak dalam mengajar,” kata Suwarno.[zulkifli]

Lebih baru Lebih lama