Kerahkan Tagana, Dinsos Pulpis Buka Dapur Umum untuk Pengungsi Banjir Kalsel

PULANG PISAU, MK - Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Pulang Pisau, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) membuka dapur umum untuk warga pengungsi korban terdampak banjir di Kalimantan Selatan (Kalsel).

Dapur umum untuk warga pengungsian itu dipusatkan di kantor Dinas Sosial Kabupaten Banjar yang berada di Stadion Demang Lehman Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. 

Beriringan dengan itu, Dinsos Pulang Pisau juga menurunkan Tim Taruna Siaga Bencana (Tagana) Dinsos setempat untuk turut ambil bagian dalam upaya membantu korban banjir di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pulang Pisau, Eknamensi Tawun melalui Koordinator Lapangan Dapur Umum Tagana Dinsos Pulang Pisau Ismail Abdullah mengatakan, Dinsos telah membuka dapur umum sejak kemarin Senin 18 Januari 2021 di Stadion Demang Lehman.

"Kita mengcover 500 jiwa dengan 3 kali makan sehari bagi pengungsi korban banjir Kalsel di titik ini, sejauh ini suplai makanan lancar sampai ke tangan pengungsi di Stadion Demang Lehman," kata Ismail Abdullah yang saat ini berada di lokasi dapur umum saat dikonfirmasi awak media ini, Selasa (19/1/2021).

Untuk melayani konsumsi pengungsi korban banjir di Kalsel ini, lanjut Ismail, Tagana Dinsos Pulang Pisau mengerahkan 8 orang anggota TAGANA dan 1 orang relawan dari pengusaha catering.

Ismail mengungkapkan, saat ini kondisi stok bahan makanan di dapur umum Tagana Dinsos Pulang Pisau sudah mulai menipis. Dia berharap ada donatur yang menyumbang untuk mengatasi menipisnya stok bahan makanan.

"Rencananya sampai keadaan normal dan selama sembako masih ada, kita tetap akan bertahan dan melaksanakan bantuan kemanusiaan sebagai relawan, namun seandainya stok makanan sudah habis dan tidak ada donatur yang menyumbang, kami terpaksa kembali pulang," katanya.

Ismail mengungkapkan, perjanjian awal pihak Tagana dan relawan diundang datang ke Kalsel untuk membantu tenaga saja, sedangkan masalah logistik disediakan oleh Posko Logistik di Kalsel. 

"Namun sampai sekarang belum tersedia, sehingga kami masak bahan makanan cadangan yang kami bawa," kata dia seraya mengatakan hari ini distribusi makanan dari dapur umum Tagana Dinsos Pulang Pisau akan bergeser ke Astambul. 

Sementara, selain membuka dapur umum oleh Dinsos Pulang Pisau. BPBD kabupaten setempat juga dikerahkan dalam upaya memberikan bantuan evakuasi terhadap korban banjir di Kalimantan Selatan melalui Tim Reaksi Cepat (TRC) dan Damkar.[manan]

loading...

Posting Komentar

0 Komentar