Bantu Korban Banjir Kalsel, Gubernur Sugianto Kirim Tim Tagana

Bantu Korban Banjir Kalsel, Gubernur Sugianto Kirim Tim Tagana

PALANGKA RAYA, MK - Kepedulian ditunjukkan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah terhadap Provinsi tetangga, Kalimantan Selatan yang saat mengalami musibah banjir besar. 

Ini mereka aplikasikan dengan mengirimkan Tim Tagana dari Dinas Sosial Provinsi Kalteng untuk membantu dalam penanggulangan banjir dan penanganan di lapangan. 

Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran menurunkan tim serta armada dan dapur umum serta kelengkapan untuk turut turun ke Kalsel membantu warga dan berkoordinasi dengan Pemprov Kalsel.

"Kami sudah mendengar dan melihat kondisi saudara kita di Kalsel. Kami Pemprov Kalteng bersama dengan daerah lainnya berupaya semaksimal mungkin turut membantu Pemprov Kalsel dan warga disana. Kami intruksikan Tim Tagana membawa dapur umum dan personel untuk membantu di Kalsel. Kita tahu intensitas hujan cukup tinggi, Kalteng juga tentu siaga dan waspada," katanya, Sabtu (16/1/2021).

Warga Kalteng, lanjutnya, juga perlu waspada terhadap potensi bencana seperti banjir dan longsor serta lainnya. 

"Kepada seluruh masyarakat untuk selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bencana, terutama banjir dan longsor. Pasalnya, akhir-akhir ini terjadi peningkatan curah hujan yang cukup tinggi dan ekstrim," tandasnya. 

Sementara itu, Plt Dinas Sosial Provinsi Kalteng, Rian Tangkudung mengungkapkan, berdasarkan instruksi dari Gubernur itu, pihaknya telah menerjunkan 10 personel, dua unit mobil penyelamatan, satu unit truk dapur umum dan satu unit mobil komando Tagana Kalteng serta logistik darurat secukupnya.

"Kalsel sangat memerlukan personel Tagana. Karena banyak yang tedampak banjir, ini sorti pertama dulu. Sedangkan untuk sorti kedua kita kirim setelah dapat laporan mitigasi dari tim pertama," ungkapnya.

Sugianto sendiri secara cermat telah memperhitungkan kondisi cuaca dan iklim yang terjadi di Kalteng dalam beberapa hari terakhir ini sehingga juga semua personel BPBD, Dinsos, PUPR dan lainnya untuk siap siaga.
 
"Langkah Bapak Gubernur sangat tepat, beliau sangat memperhitungkan kondisi Kalteng sehingga pengiriman bantuan ke Kalsel tidak boleh mengganggu kesiagaan menjaga wilayah sendiri," tegasnya.[kenedy]

Lebih baru Lebih lama