Sambut Tahun Baru 2021, Ini Pesan Ketua DAD Singkawang

SINGKAWANG, MK - Momen malam puncak pergantian tahun 2020 ke 2021, tinggal menghitung hari. Lantaran masih di masa pandemi Covid-19, masyarakat diimbau untuk disiplin protokol kesehatan, termasuk di rumah saja.

Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kota Singkawang, Drs Stepanus Panus mengimbau seluruh lapisan masyarakat untuk turut serta mengikuti peraturan yang berlaku dari Pemerintah, termasuk dari pihak kepolisian.

Stepanus mengatakan, dalam perayaan pergantian malam tahun baru, ada beberapa poin yang harus diperhatikan masyarakat, khususnya masyarakat Singkawang.

"Pertama; Jangan melakukan kegiatan acara yang berlebihan yang akan berdampak kerumunan masa. Kedua; Jangan melakukan pawai, konfoi serta arak-arakan di jalanan. Ketiga; Jangan pesta kembang api dalam perayaan pergantian tahun. Keempat; Tetap merayakan pergantian tahun di rumah bersama keluarga," pesannya.

Ia juga mengingatkan jika situasi Covid-19 di Kota Singkawang masih berada dalam zona orange. Kalaupun melakukan kegiatan acara malam pergantian tahun, sebaiknya berkumpul di rumah bersama keluarga.

"Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata, kepada masyarakat Kota Singkawang saya mengimbau, mengingat situasi dan kondisi wabah Covid-19 masih status zona orange, mari bersama-sama mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kota Singkawang," pintanya.

Ia mengaku hanya mengingatkan, bukan melarang masyarakat untuk tidak boleh melakukan kegiatan acara malam pergantian tahun. Hanya saja jangan sampai terjadi yang mengakibatkan kerumunan massa yang berlebihan atau berkumpul ramai-ramai.

Tentunya juga, sambungnya, jangan sampai melewati batas waktu yang telah ditentukan Pemerintah Kota Singkawang sebagaimana Surat Edaran Walikota Singkawang nomor: 400/880/SETDA KESRA-A dan Surat Maklumat Kapolri.

"Kepada masyarakat, agar tidak melakukan arak-arakan atau konvoi, pawai di jalan raya, sehingga tidak terjadi kemacetan dan ketidaknyamanan, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita diinginkan, maka harus saling menghargai sesama penguna pengendara dijalan," terangnya.

Ia menambahkan, kepada masyarakat Singkawang dalam perayaan malam pergantian tahun, agar pesta kembang api dihindarkan.

"Kita akan tetap merayakan malam pergantian tahun, alangkah baiknya kegiatan momen acara di rumah bersama keluarga serta bersama-sama berdoa, agar wabah Covid-19 bisa cepat berlalu," pungkasnya.[martin]

loading...

Posting Komentar

0 Komentar