Disdik Balangan Siapkan Konsep Bertahap Pembelajaran Tatap Muka

Disdik Balangan Siapkan Konsep Bertahap Pembelajaran Tatap Muka

PARINGIN, MK - Dinas Pendidikan Kabupaten Balangan terus mempersiapkan untuk kematangan dalam proses pembelajaran tatap muka yang rencananya dilangsungkan Januari 2021.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Balangan, Abdul Basyid menyampaikan, untuk pembelajaran sekolah di Balangan, pihaknya telah mempersiapkan beberapa rencana ke depan sesuai tindak lanjut dari surat keputusan bersama 4 Menteri yang diterbitkan pada 20 Desember 2020 lalu.

"Kami sudah melakukan beberapa persiapan, pertama persiapan internal seperti rakor dan menyusun berbagai panduan, berkoordinasi dengan kepala daerah, dan kunjungan secara langsung untuk melihat sejauh mana kesiapan dari sekolah dalam menghadapi pembelajaran tatap muka di awal tahun 2021," ujarnya.

Pada prinsipnya kepala daerah akan mengizinkan untuk kegiatan pembelajaran tatap muka di tahun 2021 ini, asal dengan berpedoman kepada surat keputusan menteri dan juga penerapan prokes.

"Kami akan mempersiapkan lebih lanjut secara detail agar sekolah-sekolah dapat melaksanakan ini, sehingga kesehatan, keamanan peserta didik itu bisa kita lindungi," tutur Basyid di ruang kerjanya, Rabu (23/12/2020).

Pihaknya juga menginginkan agar pembelajaran tatap muka di tahun 2021 berlangsung dengan baik dan lancar, dengan harapan layanan pendidikan tetap bisa dilayani dan kesehatan pun tetap diutamakan.

Sementara itu, Kabid Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Balangan, Rafiul Amal juga menyatakan bahwa telah melakukan monitoring ke lapangan sejauh mana sarana dan prasarana serta kesiapan sekolah, kesiapan satuan pendidikan dalam melaksanakan pembelajaran.

"Jika kami nilai sekolah tersebut sudah siap, maka kami akan terbitkan surat izin, dan kalau sudah mendapat izin sekolah bisa melaksanakan kegiatan itu," imbuhnya.

Apabila nanti dari sekolah kedapatan tidak mematuhi syarat yang ditetapkan atau tidak menerapkan prokes kemungkinan besar izin tersebut bisa ditarik kembali.

Sehingga dengan harapan pemberian kesempatan dan izin dari kepala daerah ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin, untuk satuan pendidikan agar bisa memberikan layanan pendidikan kepada muridnya.[agus]

Lebih baru Lebih lama