Resmi Dilantik, PDKS Diharapkan Aktif Lestarikan Tradisi Dayak

Resmi Dilantik, PDKS Diharapkan Aktif Lestarikan Tradisi Dayak

SINGKAWANG, MK - Dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19, pelantikan sekaligus pengukuhan kepengurusan Pemuda Dayak Kota Singkawang (PDKS) digelar, Minggu (8/11/2020) sore.

Pelantikan dan pengukuhan dipimpin Ketua PDKB Hendra Darwilias. Ini ditandai dengan pembacaan SK pelantikan serta penandatanganan SK yang didampingi oleh Ketua DAD Stefanus Panus.

Acara ini dihadiri Walikota Singkawang, Tjhai Chui Mie, Dandim 1202/Skw Letkol Inf. Condro Edi Wibowo, Ketua PDKS Yulius Yoris Anes, pengurus organisasi MABT Kota Singkawang serta PFKPM Kota Singkawang.

Usai pelantikan kepada Metro Kalimantan, Stefanus mengatakan, PDKS tentunya diharapkan dapat berperan aktif serta melestarikan tradisi, khususnya budaya adat dayak.

"Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata, Harapan saya ke depan PDKS dapat berperan aktif dalam pembangunan sesuai skil masing-masing, cerdas, berprestasi dan berbudaya, khususnya seni budaya dayak," tuturnya.

Menurutnya, PDKS adalah suatu sayap organisasi Dewan Adat Dayak (DAD) Kota Singkawang. PDKS harus menjalin keharmonisan kebersamaan serta tidak memandang suku, agama maupun RAS, dan berpengan teguh 4 pilar.

PDKS merupakan organisasi sayap DAD serta organisasi kepemudaan, tempat berkumpulnya orang-orang dalam menjalin kebersamaan dan keakraban baik sesama PDKS maupun organisasi kepemudaan lainnya, tidak memandang suku, agama dan RAS dengan harmonis, sesuai dengan predikat singkawang sebagai kota tertoleransi. 

Tentunya dengan tetap berpedoman kepada 4 pilar kebangsaan yaitu UUD1945, Pancasila, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. 

Ketua PDKB Hendra menambahkan, organisasi PDKS adalah organisasi kepemudaan, sementara pelantikan dan pengukuhan baru 2 wilayah. PDKB akan mengukuhkan seluruh kepengurusan organisasi Pemuda Dayak Sekalimantan Barat di 14 Kabupaten/Kota, tepatnya 12 Kabupaten dan 2 Kota.

"PDKB akan berkoordinasi dengan DAD Kabupaten Sambas untuk pengukuhan serta pelantikan pemuda dayak yang ada di Kabupaten Sambas," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua PDKS Yulius menjelaskan, setelah pelantikan ini, PDKS akan melakukan program-program serta berkerja sama dengan pemerintah dan organisasi yang ada di Kota Singkawang.

"PDKS akan melakukan pembentukkan program-program untuk internal dan kemudian PDKS akan bersilahturahmi serta berkerja sama dengan Pemerintah, TNI/Polri dan organisasi-organisasi yang ada di Kota Singkawang," jelas Yulius.

Pelantikan dan pengukuhan PDKS ini sukses tak lepas dari andil Ketua Panitia Edwin Kurniawansyah dan Sekretaris Panitia Andreas Aan.[martin]

Lebih baru Lebih lama