Warga Kawasan Food Estate Dilatih Pemanfaatan Sumber Daya Lokal

Warga Kawasan Food Estate Dilatih Pemanfaatan Sumber Daya Lokal

PULANG PISAU, MK - Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) bersama Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kalteng dan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kalimantan Selatan bergerak cepat dengan menggelar pelatihan pemanfaatan sumber daya lokal perairan rawa, Jumat (9/10/2020).

Hal tersebut dilalukan bertujuan untuk peningkatan pendapatan petani dan pembudidaya ikan kawasan Food Estate di Desa Belanti Siam Kabupaten Pulang Pisau.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kalteng, Darliansjah mengatakan, potensi tanaman pangan, hortikultura dan peternakan serta perikanan di kawasan Food Estate sangat luar biasa dan menjanjikan. 

"Potensi ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin dan optimal," tegasnya.

Dibeberkannya, Pemprov Kalteng melalui Dinas Kelautan dan Perikanan akan merevitalisasi kolam, keramba milik masyarakat yang sudah ada, serta akan memfasilitasi pembuatan kolam dan keramba sesuai potensi kawasan. 

Di samping itu juga, lanjutnya, kegiatan tersebut akan meningkatkan sumber daya manusia (SDM) masyarakat tentang usaha perikanan.

Berkenaan dengan masalah pakan dan benih yang masih tergantung dari luar daerah seperti Jawa dan Kalsel, tambahnya, Gubernur akan membangun pabrik pakan ikan di Kalteng termasuk membangun Balai Benih Ikan Sentra Modern. 

"Kira berharap, dengan pelatihan ini masyarakat sudah menguasai usaha perikanan antara lain terkait kualitas air, teknik budidaya ikan sistem kolam dan keramba, pembenihan ikan serta pengolahan pakan berbahan dasar lokal," tutupnya.[kenedy/adv]
Lebih baru Lebih lama