Sukseskan Kostratani Food Estate Kalteng, BBPP Binuang Gelar Pelatihan Pengelolaan Organisasi Kelompok

KUALA KAPUAS, MK - Sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) lingkup Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian, Balai besar pelatihan pertanian (BBPP) Binuang kembali menggelar pelatihan tematik di kawasan Food Estate Kalimantan Tengah.

Pelatihan bertajuk "Pelatihan Tematik Berbasis Korporasi Mendukung Program Food Estate Angkatan XXVI (Pengelolaan Organisasi Kelompok V) ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan petani dalam mengelola dan membangun organisasi kelompok di kawasan Food Estate

Pelatihan pengelolaan organisasi kelompok ini sendiri berlangsung selama 3 hari, mulai 15 hingga 17 Oktober 2020. Pelatihan yang dipusatkan di BPP Dadahup Kabupaten Kapuas ini diikuti 25 peserta dari Kabupaten Kapuas. 

Didaulat sebagai Fasilitator pada pelatihan ini, Endang Riyanti S.Pt yang berasal dari Dinas Pertanian (Distan) Kapuas, serta Widyaiswara BBPP Binuang, Septiana SP MP.

Dalam penyampaian materinya, Septiana memaparkan, pengelolaan organisasi kelompok ini merupakan pondasi awal yang harus dibangun menuju terbentuknya korporasi.

"Bila kelompoknya sudah baik, administrasinya lengkap, badan hukumnya sudah terbentuk, maka harapan untuk terbentuknya korporasi petani pasti akan lebih mudah," tuturnya. 

Kepala BPPSDMP Kementerian Pertanian, Dedi Nursyamsi mengatakan, Kostratani dan Food Estate Kalteng adalah program prioritas Kementan, sangat penting sebagai transformasi untuk membangun pertanian dari hulu ke hilir.

Pengembangan Food Estate Kalteng bukan program sembarangan, tetapi upaya serius pemerintah untuk menjaga ketahanan pangan nasional.

Ini seperti yang ditegaskan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo saat meninjau progres penyiapan lahan Food Estate di Desa Belanti Siam, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau beberapa waktu lalu.[advertorial]

Penulis : Septiana/Irfan

loading...

Posting Komentar

0 Komentar