Pemandu Wisata Diharapkan Mampu Berkomunikasi dan Menarik Wisatawan

Pemandu Wisata Diharapkan Mampu Berkomunikasi dan Menarik Wisatawan

PULANG PISAU, MK - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Pulang Pisau menggelar pelatihan pemandu wisata ekowisata di Aula Bappedalitbang, Rabu (14/10/2020). Kegiatan ini dihadiri langsung Kadisbudpar Provinsi Kalteng, Guntur Talajan.

Kepada wartawan Guntur  menyampaikan, salah satu kunci keberhasilan pengembangan wisata terletak pada pemandu atau guide. 

Sebab, peran mereka (guide), sangat diperlukan dalam mempromosikan seni budaya, kuliner dan wisata alamnya.

"Dari itu peran pemandu ini salah satu kunci keberhasilan pengembangan wisata di suatu daerah. Jadi, guide ini dituntut mampu berkomunikasi dengan baik, sehingga dapat menarik minat wisatawan, baik lokal maupun mancanegara," ucap Guntur usai pelatihan.

Tak hanya pandai berkomunikasi, lanjut Guntur, pemandu atau guide juga harus memiliki pengalaman dan ilmu pengetahuan yang memadai. Sehingga dengan itu, lanjutnya, para wisatawan merasa senang dengan sambutan para guide yang ramah dan murah senyum tentunya.

"Jadi pelatihan ini salah satu upaya membentuk karakter para pemandu wisata, agar dapat memberikan yang terbaik untuk para tamunya nanti," katanya.

Ia menambahkan, pihaknya meyakini bahwa Pulang Pisau memiliki potensi wisata yang cukup banyak dan beragam, sehingga jika dikemas dan ditawarkan dengan maksimal maka tidak menutup kemungkinan kabupaten berjuluk Handep Hapakat ini akan lebih dikenal lagi, baik oleh wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

Itu menurutnya, karena Pulang Pisau memiliki potensi wisata yang sangat banyak dan beragam sehingga jika dikemas dan ditawarkan dengan maksimal maka tidak menutup kemungkinan di masa-masa mendatang akan banyak potensi wisata yang berhasil dimunculkan.

"Nah, saat ini saya lihat Pulpis banyak kemajuan disektor pariwisata. Jadi untuk pengembangan selanjutnya tinggal maksimalkan promosinya saja," tutupnya.

Sementara, guna mempermudah para wisatawan untuk berkomunikasi dengan para pemandu atau guide ini, maka nantinya akan dibentuk himpunan pemandu wisatawan Pulang Pisau.[manan]

Lebih baru Lebih lama