Delapan Aksi Ini, Langkah Bersama Cegah Peningkatan Stunting

Delapan Aksi Ini, Langkah Bersama Cegah Peningkatan Stunting

PULANG PISAU, MK - Dalam waktu dekat ini, Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau akan melaksanakan kegiatan konvergensi terkait stunting di wilayah kabupaten berjuluk Handep Hapakat ini.

Langkah tersebut tidak lain sebagai implementasi delapan aksi untuk penurunan angka stunting secara terintegrasi kepada sasaran prioritas.

Itu disampaikan Kepala Bappedalitbang Pulang Pisau, Juman melalui Kabid Pemerintahan, Pembangunan Manusia, Ekonomi dan SDA, Hendri Arroyo, Jumat (2/10/2020).

"Kegiatan yang kita sebut rembuk Stunting ini akan kita gelar pada Oktober 2020 ini juga," ujarnya.

Menurut Hendri, persiapan rembuk bersama ini merupakan salah satu aksi konvergensi penanggulangan stunting di Pulang Pisau, untuk melakukan langkah strategis, baik intervensi secara spesifik maupun intervensi secara sensitif.

"Ini untuk mengimplementasikan antara program strategis nasional dan sinergitas dengan arah pembangunan yang sudah tertuang dalam RPJMD dan sesuai dengan visi-misi daerah tahun 2018-2023. Dimana, arah pembangunan di bidang kesehatan salah satunya adalah peningkatan pangan dan gizi masyarakat," terang Hendri.

Dijelaskannya, delapan aksi konvergensi ini untuk menentukan lokus Stunting tahun berikutnya. Jadi, dengan itu, katanya dapat diketahui kecamatan mana atau desa mana angka stuntingnya terbanyak.

"Dengan ini nanti Pemkab dapat secara terorganisir fokus ke wilayah prioritas untuk membantu menurunkan angka Stunting, baik melalui program sanitasi, bantuan-bantuan  ekonomi, pendidikan, serta bantuan dibidang kesehatan, berupa penyaluran vitamin dan lain sebagainya," tuturnya.

Secara umum, tambah Hendri, intrevensi secara sensitif ini 70 persen dilakukan oleh pihak Bappedalirbang, DPMD, Pemberdayaan Peremouan, Kementerian Agama, dan Ketahanan Pangan.

"Untuk intervensi spesifik 30 persennya tugas Dinas Kesehatan, seperti pembagian vitamin pada ibu menyusui salah satunya," tutupnya.

Sementara, delapan aksi Integrasi tersebut adalah Analisis Situasi, Rencana Kegiatan, Rembuk Stunting, Peraturan Bupati/Walikota Tentang Peran Desa, Pembinaan KPM, Sistem Manajemen Data, Pengukuran dan Publikasi Stunting, dan Review Kinerja Tahunan.[manan]


Lebih baru Lebih lama