Warga Keluhkan Masalah Agraria, Ini Kata Cabup SHM

Warga Keluhkan Masalah Agraria, Ini Kata Cabup SHM

BATULICIN, MK - Calon Bupati Tanah Bumbu, Syafruddin H Maming (SHM) bersilaturahmi ke Desa Saring Sungai Binjai, Kusan Hilir, Tanah Bumbu. Warga yang datang untuk menemui SHM, sempat menyampaikan keluh kesah soal legalitas lahan dan tanah di wilayah mereka.

“Keluhan-keluhan soal tanah dan agraria ini sangat sering kami temui. Ini pasti akan jadi perhatian kami jika nantinya diberi amanah memimpin Tanah Bumbu,” kata Syafruddin, Selasa (22/9/2020).

Menurutnya, permasalahan tanah tidak akan terjadi jika warga mendapatkan pendampingan dari pemerintah soal legalitas lahan. Saat ini, Syafruddin yang sempat duduk di Komisi VII DPR RI menyatakan akan mencoba menampung keluhan warga soal masalah lahan di seluruh Tanah Bumbu.

“Kami coba kumpulkan dulu jenis permasalahan lahannya. Pendampingan dari pemerintah untuk membantu legalitas warga, tentunya jadi sangat penting. Semuanya bisa jelas kalau sesuai regulasi dan semangat membantu masyarakat,” katanya.

Lelaki yang akrab disapa Cuncung ini menyadari bahwa masalah agraria sangat mungkin terjadi di Tanah Bumbu. 

“Terlebih lagi di daerah transmigrasi. Warga kita ini tidak banyak yang mendapatkan pendampingan soal legalitas tanah karena transaksinya biasanya kekerabatan. Di sinilah harusnya pemerintah bisa berperan agar tidak terjadi konflik dan Tanah Bumbu tetap harmonis,” pungkas Syafruddin.[joni/rilis]

Lebih baru Lebih lama