Di Kalteng Waspada Potensi Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan

Di Kalteng Waspada Potensi Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan

PALANGKA RAYA, MK - Peringatan dini kepada masyarakat untuk waspada potensi terjadinya cuaca ekstrem selama masa pancaroba di wilayah Kalimantan Tengah (Kalteng), termasuk Kota Palangka Raya.

Hal itu telah dikeluarkannya peringatan dini oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Tjilik Riwut Palangka Raya.

Kepala BMKG Tjilik Riwut Palangka Raya Catur Winarti mengungkapkan bahwa BMKG dalam rilisnya telah mengeluarkan informasi prakiraan awal musim hujan tahun 2020/2021.

"Diprediksi sebagian besar Zona Musim (ZOM) wilayah Indonesia akan memasuki periode awal musim hujan mulai akhir bulan Oktober hingga November 2020," bebernya, Rabu (23/9/2020).

Catur menyampaikan, selama bulan September hingga Oktober periode peralihan musim (pancaroba), masih berlangsung di beberapa wilayah Indonesia, termasuk di Kalteng. 

Di mana, lanjutnya, kondisi hujan tidak merata dan dapat terjadi dengan intensitas sedang hingga lebat dalam durasi singkat.

"Dengan tingginya intensitas hujan termasuk di Kota Palangka Raya, maka masyarakat tetap waspada dampak bencana yang ditimbulkan. Seperti banjir, genangan air, tanah longsor, angin kencang,kilat dan petir serta pohon tumbang," imbaunya.

Sementara itu, untuk prakiraan cuaca pada tanggal 24 hingga 25 September, dirinya mengimbau agar semua waspada terhadap potensi hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai
petir serta kilat dan angin kencang.

"Begitupun untuk tanggal 25 hingga 26 September di waktu pagi hari, dimana adanya potensi hujan intensitas sedang hingga lebat dapat disertai petir serta kilat dan angin kencang yang dapat terjadi," tegasnya.

Ia kembali menambahkan, bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG Tjilik Riwut Palangka Raya membuka layanan informasi 24 jam dan dapat menghubungi ke nomor telepon 082154096727, Website di laman stamet.tjilikriwut.bmkg.go.id, media sosial BMKG Kalteng, ataupun mengunduh aplikasi mobile apps INFO BMKG di Appstore dan Playstore.[kenedy]
Lebih baru Lebih lama