Tekan Angka Positif, Gubernur Kalteng: Covid-19 Bukan Konspirasi Dokter

Tekan Angka Positif, Gubernur Kalteng: Covid-19 Bukan Konspirasi Dokter

PALANGKA RAYA, MK - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), H Sugianto Sabran selaku Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kalteng mengingatkan masyarakat untuk tidak menganggap Covid-19 sebagai konspirasi para dokter.

"Sudah ratusan tenaga kesehatan gugur karena terinfeksi virus Covid-19 ini saat bertugas. Ini adalah fakta yang memang harus kita hadapi bersama," katanya, Rabu (9/9/2020).

Berdasarkan catatan Ikatan Dokter Indonesia (IDI), sekitar 100 tenaga kesehatan meninggal selama 6 bulan pandemi Covid-19 di Indonesia. Sementara menurut data Lapor Covid-19, sudah lebih dari 150 tenaga kesehatan yang meninggal karena terinfeksi Covid-19 selama setengah tahun.

Mengingat banyaknya tenaga kesehatan yang telah gugur selama penanganan pandemi, Gubernur meminta masyarakat memberikan respect dengan menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari. 

"Guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 serta mengurangi beban para tenaga medis pada penanganan pasien Covid-19, masyarakat dapat saling mengajak, memberikan edukasi, serta sosialisasi dalam displin protokol kesehatan," imbaunya.

Gubernur seraya mengingatkan pula jajaran pemerintahan bahwa kebutuhan para tenaga medis seperti alat pelindung diri atau APD harus tercukupi karena para tenaga kesehatan merupakan garda terdepan melawan Covid-19.[kenedy/adv]


Lebih baru Lebih lama