Jelang Pilkada, Pers Berperan Aktif Jaga Kondusifitas

Jelang Pilkada, Pers Berperan Aktif Jaga Kondusifitas

PULANG PISAU, MK - Bupati Pulang Pisau, H Edy Pratowo menggelar pertemuan silaturahmi dengan sejumlah wartawan di Pulang Pisau, Selasa (22/9/2020) di salah satu cafe di wilayah perkotaan Pulang Pisau.

Pertemuan dengan insan pers yang bertugas di kabupaten Pulang Pisau itu, berkaitan dengan akan berlangsungnya pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) pada Pilkada serentak tahun 2020 yang akan dilaksanakan pada 9 Desember 2020.

"Pertemuan dengan insan pers ini sengaja saya gelar dalam rangka silaturahmi dan mendengar masukan kritik saran dari rekan media terutama dalam pembangunan Pulpis khususnya. Ini terlepas dari pencalonan saya maju sebagai Wakil Gubernur Kalteng. Artinya pertemuan ini tidak ada unsur politiknya," tegas Bupati Edy di sela perbincangan sederhana dengan awak media Pulpis.

Menurut Edy, insan pers atau wartawan berperan besar membantu pihak aparat keamanan lainnya dalam menjaga situasi daerah, agar tetap aman  kondusif, yakni dengan menolak isu-isu atau berita hoaks yang berpotensi memecah belah persatuan dan kerukunan antar sesama yang selama ini sudah terjalin dengan baik dan harmonis.

"Peran pers harus menciptakan situasi Pilgub Kalteng ini dengan damai dan sejuk serta menjaga atau menangkal penyebaran berita hoaks," pesannya. 

Pada kesempatan itu, dirinya berharap dalam pelaksanaan Pilgub tahun ini, khususnya di Pulpis tidak berdampak perselisihan di kehidupan sosial masyarakat, karena perbedaan pilihan itu wajar dan biarkan terjadi saat berada di bilik suara nantinya. 

"Sekali lagi jangan sampai terjadi polemik gara-gara beda pilihan, terjadi perselisiha  antar sesama. Dari itu, kita juga butuh peran media untuk melakukan sosialisasi dan edukasi pada warga masyarakat," katanya.

Selanjutnya, tambah Edy dengan adanya PKPU nomor 6 tahun 2020, maka semua tahapan pemilihan bisa dilanjutkan dengan mematuhi protokol kesehatan sebagai salah satu upaya mencegah dan menanggulangi penyebaran wabah Covid 19 yang saat ini masih pandemi.

"Alhamdulillah kegiatan dengan insan pers di Pulpis dihadiri Kepala Dinas Kominfo Pulpis, Ketua PWI Pulpis dan perwakilan dari organisasi kewartawan dilingkungan Pemkab Pulpis," tukasnya.[manan]
Lebih baru Lebih lama