Gubernur Minta Masyarakat Kalteng Sabar Hadapi Musibah

Gubernur Minta Masyarakat Kalteng Sabar Hadapi Musibah

PALANGKA RAYA, MK - Untuk mengatasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah telah mendapat bantuan sekitar 8 heli dari Pusat, baik untuk water bombing maupun untuk melakukan patroli atau pemantauan dari udara. 

Hal ini seperti diungkapkan Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran seusai melakukan sepeda santai Kalteng Berkah, Minggu (20/9/2020).

Diuraikan orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai ini, dari perkiraan semula bulan September dan Oktober kemarau panjang dan terik, ternyata intensitas curah hujan tinggi hingga terjadi banjir di sejumlah wilayah di Kabupaten Lamandau, Seruyan, Kotawaringin Timur, Katingan, Gunung Mas, dan Murung Raya.

"Untuk daerah yang tidak mungkin dijangkau dengan akses darat, kita menggunakan helikopter BNPB untuk menyalurkan bantuan. Sekali angkut 2 ton, dan juga Pemprov telah mendirikan dapur umum dan Posko kesehatan di daerah banjir itu," bebernya.

Berkaitan dengan pandemi Covid-19, Gubernur mengimbau masyarakat disiplin menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, dan tidak berkerumun kalau tidak penting. 

"Kita juga sudah menyiapkan sanksi bagi yang melanggar protokol kesehatan, seperti tidak memakai masker. Kita menyiapkan 2-3 juta masker untuk dibagikan, selain terus melakukan sosialisasi," imbuhnya.

Gubernur pun berharap masyarakat Kalteng diberi kesabaran menghadapi pandemi Covid-19, Karhutla, dan banjir yang melanda beberapa wilayah.

"Kepada masyarakat Kalimantan Tengah, mohon doanya semoga masyarakat Kalimantan Tengah diberikan kesabaran menghadapi Covid-19, Karhutla, dan banjir. Salam Kalteng Berkah, Salam Sehat, selalu berpikiran positif, jangan tergiring berita hoaka, dan selalu menjaga kesehatan," pungkasnya.[kenedy/adv]

Lebih baru Lebih lama