Fasilitas Pendidikan di Palangkau Lama Jadi Perhatian Legislator

Fasilitas Pendidikan di Palangkau Lama Jadi Perhatian Legislator

KUALA KAPUAS, MK - Hasil reses berkelompok atau kegiatan di luar sidang sejumlah anggota DPRD Kabupaten Kapuas di Daerah Pemilihan (Dapil) IV Juli 2020, telah disampaikan melalui rapat paripurna DPRD Kapuas.

Dapil IV sendiri meliputi Kecamatan Kapuas Hilir, Pulau Petak, Kapuas Murung, dan Kecamatan Dadahup.

"Hasil kegiatan itu sudah kami laporkan dalam Rapat Paripurna," kata terang Anggota DPRD Kapuas, Sri Umi Daryatun, Jumat (18/9/2020).

Hal itu, kata srikandi DPRD dari PKS ini, sebagai tindak lanjut pelaksanaan reses anggota DPRD dari dari IV.

Dari laporan yang disampaikan, salah satunya untuk Desa Palangkau Lama pada bidang infrastruktur mengusulkan rehab dan pembangunan baru ruang sekolah dasar.

"Karena kondisi ruang kelas, ruang guru dan perpustakaan sudah tidak layak digunakan dan cenderung membahayakan siswa dan guru," kata Sri.

Kemudian juga, kata dia, keaadan meja dan kursi banyak yang tidak bisa digunakan.

"Dalam laporan juga disampikan usulam rehab atau pembangunan rumah dinas guru SD, karena kondisi sekarang sudah tidak layak huni," terangnya.

Usulan lainnya, yani perbaikan jalan utama masuk desa harus diperlebar dan mengusulkan perbaikan jalan dari Desa Dalangkau lama sampai ke daerah A7 sepanjang 10 Kilometer, yang tinggal pengerasan serta pembangunan jembatan.

Kemudian usulan bantuan untuk pembangunan Masjid Palangkau Lama. Pada jaringan komunikasi hanya menumpang dari desa daerah Kalimantan Selatan saja.

"Untuk itu, kita mengusulkan agar di bangun tower telekomunikasi," jelasnya.

Bidang bencana alam di Desa Palangkau Lama, pihaknya juga mengusulkan bantuan dari Pemerintah Daerah untuk membantu menangani masalah kebakaran hutan dan lahan.

Seperti bantuan alat penanganan Karhutla kendaraan, mesin dan Selang, karena kebakaran sering terjadi di dalam kampung, usulan bidang perekonomian diusulkan bantuan untuk membuka lahan perkebunan.

"Kita sangat mengharapkan apa yang telah diusulkan ini segera direalisasikan oleh pemerintah daerah," pungkasnya.[zulkifli]

Lebih baru Lebih lama