Resmikan KNT, Bupati Sayed: Ini Pertama di Indonesia

Resmikan KNT, Bupati Sayed: Ini Pertama di Indonesia

KOTABARU, MK - Kampung Nelayan Tangguh (KNT) di Desa Rampa Lama, Kecamatan Pulau Laut Utara, diresmikan Bupati Kotabaru, Sayed Jafar, Rabu (12/8/2020).

KNT ini diklaim sebagai yang pertama di Indonesia, di mana program ini dicanangkan oleh Danlanal Kotabaru dengan tujuan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga keselamatan nelayan saat melaut.

Bupati Sayed mengungkapkan, KNT ini baru pertama kali ada di Indonesia. Ini bagian dari cara untuk pencegahan dan penanganan Covid-19. Pembentukan KNT ini merupakan terobosan baru bagi masyarakat nelayan pesisir.

"Bukan hanya antisipasi pencegahan Covid-19, tapi bagaimana warga nelayan dapat menjalankan tatanan baru dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari melaut dengan menerapkan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah," tutur Sayed.

Sayed berharap semua unsur terkait dapat mendukung terwujudnya pembentukan KNT ini, demi mewujudkan keselamatan masyarakat pesisir.

"Seperti kejadian kemarin, musibah tenggelamnya kapal nelayan dari Jawa. Kini kita tidak ingin ada seperti yang telah terjadi," jelas Sayed.

Danlanal Kotabaru, Letkol laut (P) Guruh Dwi Yudhanto menambahkan, pembentukan KNT bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat nelayan, khususnya masyarakat wilayah pesisir agar mematuhi protokol kesehatan dan meminimalisir angka kecelakaan di laut.

Di momen ini turut dilakukan penyerahan Bantuan Alat Pelindung Diri (APD), pelampung dan handphone/ponsel secara simbolis kepada perwakilan nelayan oleh Bupati Sayed bersama Forkompimda.[zainuddin]

Lebih baru Lebih lama