Raih Gelar Doktor, Agus Sempurnakan dengan Predikat Cum Laude

BANJARMASIN, MK - Gelar Doktor resmi disandang Agus Syabarrudin. Direktur Utama Bank Kalsel ini meraih gelar Doktor dalam ujian Program Pasca Sarjana Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Kamis (6/8/2020).

Dalam disertasinya, Agus mengangkat materi berjudul “Strategi Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Model Pembiayaan Pada Lingkungan Kumuh di Kota Banjarmasin”.

Tak sekedar berhasil menambah titel di depan namanya, Agus juga dinyatakan lulus dengan predikat Cum Laude. Prestasi ini sekaligus menjadikannya sebagai Dirut Bank Kalsel pertama yang memperoleh gelar tersebut.

Dalam ujian itu, Agus memperoleh IPK 3,98. Ia sendiri diuji empat penguji yang dipimpin langsung Rektor ULM, Prof Dr Sutarto Hadi selaku Ketua Sidang/Penguji 1. Kemudian juga Dr Nasruddin sebagai Penguji 2, Dr H Ahmad Yunani sebagai Penguji 3, serta Prof. Dr H Abdul Hafiz Anshari sebagai Penguji Tamu.

Dalam ujian ini, promotor dipercayakan kepada Prof Dr Ahmad Alim Bachri, sedang co-promotor Prof Ir Udiansyah dan Dr Ir H Hamdani. 

Dalam menyusun disertasinya, Agus menjadikan Kota Banjarmasin sebagai objek penelitian.

Sebagai kota dengan seribu sungai dan lingkungan kumuh di bantaran dan perkotaannya, Banjarmasin memiliki penduduk miskin terbanyak di Kalsel dengan angka 14,66 persen.

Kota Kayuh Baimbai ini juga menunjukkan angka perkembangan pembiayaan/kredit tertinggi di Kalsel dengan mendominasi 34,96 persen. Kendati demikian, skema pembiayaan/kredit yang terimplementasikan belum menyentuh semua lapisan masyarakat.

Kondisi ini menarik perhatian Agus untuk meneliti dan mengidentifikasi lebih lanjut, serta memberikan suatu model pembiayaan baru dalam mendukung pemberdayaan masyarakat miskin di kota Banjarmasin.[mia/adv]
loading...

Posting Komentar

0 Komentar