Ingatkan Keselamatan di Laut, Lanal Kotabaru Sosialisasikan Ini

Ingatkan Keselamatan di Laut, Lanal Kotabaru Sosialisasikan Ini

KOTABARU, MK - Pembinaan potensi maritim digelar Lanal Kotabaru di Balai Desa Rampa Lama, Kecamatan Pulau Laut Utara, Selasa (4/8/2020). Giat ini dipimpin langsung Danlanal Kotabaru, Letkol Laut (P) Guruh Dwi Yudhanto S, ST.

Desa Rampa Lama sendiri merupakan desa dengan mayoritas penduduk bermata pencaharian sebagai nelayan.

Menurut Guruh, kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk respon Lanal Kotabaru dalam memberikan imbauan kepada masyarakat, khususnya para nelayan Bumi Saijaan.

Di mana, lanjutnya, dengan situasi cuaca ekstrim, angin dan gelombang laut yang tinggi saat ini, diharapkan bisa mengurangi angka kecelakaan laut bagi nelayan. 

"Untuk menghindari kecelakaan dalam aktivitas penangkapan ikan, Lanal melalui Binpotmar melaksanakan sosialisasi alat keselamatan berlayar kepada nelayan tangguh Saijaan," jelasnya.

Beberapa faktor penyebab kecelakaan kapal nelayan, di antaranya kurangnya kesadaran awak kapal tentang keselamatan saat melaut. Kemudian kapal tidak dilengkapi dengan peralatan keselamatan, dan kurangnya alat komunikasi sebagaimana mestinya. 

Selain sosialisasi alat keselamatan berlayar, Lanal Kotabaru juga memberikan bantuan alkes berupa hand sanitizer, masker dan alat keselamatan perorangan berupa swimpest.

Menjaga keselamatan diri saat melaut tentu sangat penting. Pun nelayan beserta keluarganya, juga diharapkan ikut disiplin dalam melaksanakan protokoler kesehatan untuk melaksanakan ujicoba New Normal.[zainuddin]

Lebih baru Lebih lama