ACT Kalsel Luncurkan Gerakan Lumbung Sedekah Pangan

ACT Kalsel Luncurkan Gerakan Lumbung Sedekah Pangan

BANJARMASIN, MK - Dalam era kenormalan baru ini, Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kalsel meluncurkan program Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan, Jumat (7/8/2020).

Aksi ini melibatkan semua elemen masyarakat untuk memberikan sedekah kepada masyarakat prasejahtera guna menghadapi pandemi Covid-19 di Kalsel.

Kepala Cabang ACT Kalsel, Zainal Arifin mengatakan, tujuan gerakan ini adalah mengajak masyarakat  melakukan kedermawanan dan lebih peduli antar sesama. Sasaran utamanya adalah masyarakat yang secara langsung terdampak Covid-19.

“Kami meyakini kedermawanan yang luas bermuara pada kebangkitan ekonomi umat dan optimisme," tuturnya.

Karena itu, Zainal mengajak untuk bersama-sama segera membuat keadaan lebih baik di masa sulit ini. ACT tidak ingin sendiri. 

"Kami juga ingin memfasilitasi masyarakat dalam menghimpun kepedulian melalui gerakan Lumbung Sedekah Pangan ini,” terangnya.

Lumbung Sedekah Pangan ini berbentuk rak bertuliskan “Beri Sedekah Terbaikmu, Ambil Secukupnya Bagi Yang Perlu” yang digantung bahan pangan pokok sehari hari, seperti beras, telor dan minyak goreng.

Gerakan ini memang ditunjukan kepada masyarakat yang mengalami pemulihan ekonomi dan juga sebagai tempat memfasilitasi mereka yang memiliki harta berlebih untuk mendonasikan atau bersedekah secara langsung dan tepat sasaran.

“Semoga dengan gerakan ini dapat membantu lebih banyak masyarakat nantinya,” sebut Zainal.

Senada, Tim Program ACT Kalsel, Retno Sulisetiyani mengatakan, sedekah yang bisa diberikan dalam Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan ini berupa natura maupun bantuan uang tunai.

“Untuk penghimpunan sedekah pangan ini dapat dipelopori mulai dari individu, komunitas, bahkan jemaah masjid hingga koperasi. Masyarakat dapat menginisiasi Lumbung Sedekah Pangan di masjid, kantor dan lainnya sebagai medium pengumpulan sedekah pangan,” bebernya.

Retno menargetkan Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan akan berjalan pekan ini dan langsung berkoordinasi ke mitra kerja ACT Kalsel.

“Bulan ini akan dilakukan pemasangan 5 posko dan dilanjutkan pemasangan serupa di seluruh Kalsel,” tutupnya.[mia/rilis]

Lebih baru Lebih lama