PKK Berunang Sebelimbingan Wakili Lomba Posyandu Pulau Laut Utara

PKK Berunang Sebelimbingan Wakili Lomba Posyandu Pulau Laut Utara

KOTABARU, MK - Gedung Posyandu yang baru direhab di Desa Sebelimbingan, Kecamatan Pulau Laut Utara resmi dibuka. Ini ditandai dengan syukuran yang dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Kotabaru, Hj Fatma Idiana Sayed Jafar, Kamis (16/7/2020).

Kedatangan rombongan TP-PKK ini sekaligus untuk melakukan penilaian lomba Posyandu serta Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tingkat Kotabaru, yang dipilih mewakili kecamatan Pulau Laut Utara.

Hj. Fatma mengapresiasi atas dioperasikannya posyandu yang baru selesai direhab itu.

"Kita memang ingin bangunan Posyandu itu terpisah dari kantor desa. Alhamdulillah Kades sudah melaksanakannya," kata Fatma saat menyampaikan sambutannya.

Diharapkannya, dengan adanya bangunan baru Posyandu itu, warga Desa Sebelimbingan semakin sering berkunjung untuk melakukan pengecekan kesehatan baik untuk anak, ibu hamil ataupun lansia.

"Saya juga ingin para kader melakukan upaya jemput bola ke warga-warga yang kurang memahami fungsi Posyandu, terlebih di masa pandemi Covid-19 ini perlu kita ingatkan kepada warga perlunya menjaga kesehatan," harapnya.

Desa Sebelimbingan diharapkan bisa menginspirasi desa-desa di kecamatan lainnya terkait hal lomba Posyandu dan PHBS.

Acara diisi dengan syukuran dan pemotongan nasi tumpeng oleh Ketua TP-PKK Kotabaru dan dilanjutkan penilaian lomba Posyandu serta PHBS oleh tim penilai.

Sementara itu, Kades Sebelimbingan, Asmini ditemui usai acara mengutarakan, awalnya para kader banyak mengeluhkan tentang kondisi bangunan Posyandu yang lama, hal itu direspon cepat oleh pemerintah desa.

Sehingga dibuatkan bangunan Posyandu yang merupakan rehab fisik bangunan lima puluh persen dan membuat baru lima puluh persen melalui dana Silpa Dana Desa.

Terkait hal lomba Posyandu, Asmini mengungkapkan telah menyiapkan hal-hal yang akan menjadi sasaran tim penilaian, di antaranya membuat rangkuman kegiatan harian, pembenahan Tanaman Obat Keluarga (TOGA), pembenahan Faskes dan lainnya.

"Saya harapkan para kader ke depannya dapat lebih giat lagi dengan adanya bangunan Posyandu baru ini, serta dalam hal lomba ini, kami bisa mendapatkan hasil yang memuaskan," tandas Asmini.[zainuddin]

Lebih baru Lebih lama