Kunjungi Kampung Nelayan Sungai Cuka, Ini Pesan Bupati Sudian

Kunjungi Kampung Nelayan Sungai Cuka, Ini Pesan Bupati Sudian

BATULICIN, MK - Didampingi Ketua TP PKK Hj Sadariah, Bupati Tanah Bumbu (Tanbu) H Sudian Noor mengunjungi Kampung Nelayan Desa Sungai Cuka Kecamatan Satui, Selasa (7/7/2020).

Kunjungan ini dalam rangka pembinaan pemanfaatan tanah pekarangan di kampung nelayan tersebut. Tampak tersedia di beberapa halaman rumah warga, bibit tanaman yang siap ditanam.

Turut hadir dalam kegiatan itu anggota DPRD Tanbu, para Kepala SKPD, Camat Satui beserta unsur Muspika, para Kepala Desa di Kecamatan Satui, Perwakilan Perusahaan serta para Tokoh Agama dan Masyarakat.

Mewakili warga, H Bahrian yang tinggal di RT 3 Desa Sungai Cuka mengungkapkan rasa terima kasih dan penghargaan atas berbagai program pemerintah yang dilaksanakan di desa itu.

“Program ini menjadi penyemangat bagi kami untuk menuju kehidupan yang lebih baik,” tuturnya.

Beberapa program yang telah dilaksanakan, di antaranya peningkatan fasilitas wisata di Pantai Batu Buaya, pemasangan lampu jalan, pembangunan pasar, serta pengaspalan jalan poros desa.

“Alhamdulillah, harapan itu sudah terwujud. Kami akan merawat, menjaga, apa yg telah diberikan kepada kami. Semoga hal ini akan menjadi berkah bagi kita semua,” jelas Bahrian.

Senada, Kepala Desa Sungai Cuka Masrifay mengatakan, pengaspalan jalan poros desa merupakan hal yang telah dinantikan warga Desa Sungai Cuka.

“Dikerjakan mulai Januari dan rampung di bulan Maret, ini luar biasa. Mudahan jalan ini bisa bermanfaat dan menambah pendapatan masyarakat desa kami dan juga Kecamatan Satui,” paparnya.

Masrifay juga berharap melalui kunjungan Bupati Sudian ke Desa Sungai Cuka akan menjadi penyemangat bagi warga untuk terus giat dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Sementara itu, Bupati Sudian dalam sambutannya mengapresiasi dan menyebut luar biasa istimewa warga Desa Sungai Cuka.

“Kunjungan ini adalah bentuk silaturahmi, karena di balik silaturahmi ada keberkahan yang akan hadir,” kata Sudian.

Terkait pandemi Covid-19, menurutnya setiap musibah pasti ada hikmah yang terkandung di dalamnya.

“Pemerintah menyarankan di rumah saja. Tapi kalau di rumah tanpa melakukan aktifitas yang bermanfaat, berarti tidak mendapatkan hikmahnya,” ujarnya.

Pembinaan yang dilakukan, pemanfaatan pekarangan seperti saat ini bisa diintegrasikan dengan wisata yang ada di desa.

“Jadi mereka yang berkunjung ke pantai, bisa sekalian singgah dan mendapat oleh-oleh untuk dibawa pulang dari hasil pemanfaatan pekarangan,” sebutnya.

Di tengah daya beli masyarakat yang menurun seperti sekarang, Sudian mengharapkan semua pihak bisa ikut terlibat dalam penguatan ekonomi.

“Ekonomi masyarakat sedang terpuruk, banyak yang berjualan tapi tidak laku. Bukannya tidak ada pembeli, tapi daya beli masyarakat sedang lemah,” jelasnya.

Karenanya, lanjut Sudian, Pemerintah dan pihak lainnya harus hadir memberikan bantuan bagi UKM, baik berupa stimulus maupun suntikan modal usaha. 

Hal ini guna menguatkan para pelaku usaha sekaligus meningkatkan daya beli masyarakat.

Di momen ini, Sudian menyempatkan berdialog dengan warga. Ia juga menyerahkan secara simbolis Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa, paket sembako, dokumen kependudukan dan bibit tanaman.[joni]
Lebih baru Lebih lama