Kunjungi Desa Rantau Jaya, Bupati Sayed Tinjau KTB

Kunjungi Desa Rantau Jaya, Bupati Sayed Tinjau KTB

KOTABARU, MK - Bupati Kotabaru Sayed Jafar beserta Forkopimda meninjau Kampung Tangguh Banua (KTB) di Desa Rantau Jaya, Kecamatan Sungai durian, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, Senin (6/7/2020).

Dalam kunjungan ini, Sayed menyerahkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD), bibit jagung, dan benih ikan nila. Juga sekaligus memasangkan rompi kepada Tim Siaga Covid-19 Desa Rantau Jaya.

Sayed mengungkapkan, dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di wilayah Kotabaru, pembentukan KTB yang melibatkan unsur masyarakat ini merupakan program yang patut disyukuri bersama. 

Dengan terbentuknya KTB, lanjutnya, tidak hanya seremonial semata, namun juga ada implementasi yang nyata dan maksimal. Karena apabila program KTB berjalan baik dan sukses maka yang merasakan manfaatnya adalah masyarakat itu sendiri.

"Saya mengajak kepada masyarakat Kampung Tangguh Banua yang ada di Desa Rantau Jaya untuk selalu patuh dan menjalankan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah," pintanya.

Untuk Pemerintah Desa, Sayed menginstruksikan agar terus memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk terus melaksanakan protokol kesehatan dalam aktivitas sehari-hari.

Sementara itu, Kapolres Kotabaru AKBP Andi Adnan Syafruddin dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Desa atas gerakan Kampung Tangguh yang telah dibentuk di Desa Rantau Jaya. 

Beberapa waktu lalu Kotabaru telah mencanangkan 8 KTB yang ada di Pulau Laut Utara, Pulaulaut Sigam, Geronggang, Sampanahan, Pudi, Hampang, termasuk di Sungai Durian. Ke depan akan kembali dibentuk 10 KTB.

KTB sendiri diprakarsai tiga pilar, yakni TNI, Polri dan pemerintah. Tujuannya untuk menjaga kesehatan dan keselamatan masyarakat dari penyebaran Covid-19.

Menurut Andi, ada 4 fokus utama KTB. Pertama; tangguh kesehatan, kedua; tangguh sosial ekonomi, ketiga; tangguh keamanan, dan keempat; tangguh kreativitas.

"Kita berharap dengan gerakan Kampung Tangguh ini bisa menjadi upaya masyarakat berkolaborasi dengan TNI Polri dan pemerintah, sehingga menjaga kesehatan dan keselamatan bersama," pungkasnya.

Selain di Desa Rantau Jaya, Bupati Sayed juga meninjau KTB di 3 lokasi, yaitu Desa Lalapin Kecamatan Hampang, Desa Karang Payau Kecamatan Kelumpang Hulu, dan Desa Telagasari Kecamatan Kelumpang Hilir.

Juga tampak hadir dalam acara ini Ketua DPRD Syairi Mukhlis, Dandim 1004/Kotabaru Letkol Inf Rony Fitriyanto, Danlanal Kotabaru Letkol laut (P) Guruh dwi yudhanto, Kepala Kejari Haryoko Ari Prabowo.[zainuddin]

Lebih baru Lebih lama