Intensitas Hujan Tinggi, Warga Kusan Waspada Banjir

Intensitas Hujan Tinggi, Warga Kusan Waspada Banjir

BATULICIN, MK - Kewaspadaan tinggi akan bencana banjir mulai dilakukan warga di kawasan Sungai Kusan. Ini seiring tingginya Intensitas hujan yang terjadi dalam beberapa hari terakhir.

Sebagai langkah kewaspadaan sekaligus antisipasi meluapkanya Sungai Kusan, Camat Kusan Hulu, Herlambang memantau langsung perkembangan ketinggian debit air sungai di dua desa, yakni Desa Manuntung dan Desa Bina Wara.

"Kami melakukan pemantauan ketinggian air Sungai Kusan. Ini dilakukan lantaran hujan yang turun dalam beberapa hari ini di beberapa titik yang ada di Tanah Bumbu, termasuk di Kecamatan Kusan Hulu," terang Herlambang, Jumat (10/7/2020).

Menurutnya, pemantauan penting dilakukan untuk mengetahui keketinggian air di Sungai Kusan. Ini agar bisa lebih waspada sekaligus untuk menyampaikan imbauan yang valid kepada warga tentang bahaya banjir.

"Dari hasil pantauan kami ke sungai Kusan masih aman saja, namun apa salahnya kita tetap waspada," jelasnya.

Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanah Bumbu, Eryanto Rais mengimbau masyarakat yang berada di bantaran sungai untuk lebih waspada terhadap curah hujan yang tinggi lantaran berpotensi mengakibatkan banjir musiman.

Ditambahkannya, apabila terjadi air sungai meluap. Karenanya warga harus segera mengungsi ke dataran yang lebih tinggi atau ketempat lebih aman dari banjir.

"Apabila rumahnya terendam yang cukup tinggi agar segera melapor kepada ketua RT, Kades dan Camat setempat supaya dapat dilakukan evakuasi," tutupnya.[joni]


Lebih baru Lebih lama