Begini Ciri Hewan Kurban yang Sehat Menurut Tim Teknis Distan Kapuas

Begini Ciri Hewan Kurban yang Sehat Menurut Tim Teknis Distan Kapuas

KUALA KAPUAS, MK - Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, telah melakukan pemeriksaan hewan kurban Idul Adha 1441 Hijriah, sebelum dilakukan pemotongan

Tim teknis pemeriksa hewan kurban Distan Kapuas mendatangi tempat-tempat penjualan hewan kurban yang ada di daerah setempat.

Salah satu tempat penjualan hewan kurban yang didatangi petugas  adalah tempat H Saferiansyah di Jalan Mahakam Kuala Kapuas, Rabu, 29 Juli 2020 kemarin.

Tim teknis pemeriksa hewan kurban, drh Anik Ariswandani mengatakan, pemeriksaan yang dilakukan pihaknya adalah secara antemortem sebelum hewan tersebut dipotong, ini dilakukan guna memastikan kesehatan hewan sembelihan tersebut.

"Kemiren kami melakukan pemeriksaan, dan dari beberapa tempat penjualan hewan kurban yang kita lakukan pemeriksaan hewannya rata-rata sudah bagus dari segi kesehatannya maupun penanganannya. Jadi, dari peternak sendiri rata-rata sudah mengetahui bahwa ternak yang layak di qurbankan itu seperti apa," kata Anik, Kamis (30/7/2020).

Menurut Anik, ternak sapi yang layak untuk kurban dari segi kesehatannya tidak ditemukan tanda-tanda penyakit menular.

"Antara lain kulitnya bersih, tidak ditemukan kasus diare, tidak ditemukan darah dari lubang tubuh," jelasnya.

Kemudian dari matanya juga terlihat cerah tidak ada tanda-tanda penyakit.

Ditambahkan tim pemeriksa hewan kurban lainnya, drh Maria Florentina, bahwa usia hewan sapi yang ingin dikurbankan juga sangat penting untuk diketahui. 

"Paling tidak hewan sapi yang akan disembelih itu giginya sudah harus berganti sepasang. Selain itu testisnya juga harus simetris dua, kalau cuma satu sudah cacat namanya," tukasnya.[zulkifli]
Lebih baru Lebih lama