Jalankan Tupoksi, Dewan Harus Komitmen Laksanakan Tiga Fungsi

BANJARMASIN, MK - Komitmen untuk meningkatkan dan menjalankan tugas pokok dan fungsinya (Tupoksi) tentu harus dimiliki Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Banjarmasin.

Sebagai anggota legislatif, mereka memiliki Tupoksi, antara lain budgeting, controling dan legislasi yang harus dijalankan lebih baik.
 
“Kinerja dari tahun ke tahun sebenarnya sudah bagus dan harus ditingkatkan lagi," ungkap anggota DPRD Kota Banjarmasin, Eddy Junaidi, Minggu (28/6/2020). 

Menurutnya, pembahasan Peraturan Daerah (Perda) dan penyelesaian masalah yang terjadi di masyarakat serta kritikan media, juga sudah dilaksanakan dengan baik.

Eddy mengatakan, fungsi kontrol anggota dewan itu sangat diperlukan, terutama dalam mengontrol kinerja Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin.

"Khususnya yang terkait pembangunan fisik dan pelayanan publik, sebab kedua kegiatan itu merupakan yang langsung bersentuhan dengan masyarakat, tentunya harus disesuaikan dan ditargetkan," terangnya.

Peningkatan kontrol dan pengawasan terhadap kinerja pemerintah kota, adalah sesuai dengan fungsi serta kewenangan DPRD. Ini agar program-program berjalan dan terselesaikan dengan benar tanpa ada penyimpangan serta mampu memenuhi keinginan masyarakat.

“Dewan sebagai lembaga kontrol memang memiliki kewenangan mengawasi dan mengkritik dalam kebijakan dan kinerja pemerintah kota. Tujuannya agar memastikan program pembangunan berjalan, bermanfaat bagi masyarakat khususnya Kota Banjarmasin,” paparnya.

Politisi Partai Demokrat ini menambahkan, sebagai wakil rakyat di DPRD Kota Banjarmasin, tentu terus membina hubungan kerja yang lebih harmonis lagi, lebih kompak, mengutamakan kekeluargaan dan kebersamaan, hingga DPRD Kota Banjarmasin, sebagai lembaga semakin dipercaya oleh masyarakat dan mitra-mitra kerjanya.

“Oleh sebab itu kinerja DPRD harus kita tingkatkan, termasuk apa yang menjadi keinginan masyarakat harus kita laksanakan,” katanya.

Diungkapkannya, pelaksanaan tugas lebih terencana dan terukur, tentunya menjadi salah satu standar penilaian masyarakat, terhadap kinerja DPRD ke depan. Ke depan seluruh anggota DPRD harus lebih memiliki motivasi dan semangat kerja, sekaligus lebih meningkatkan kinerjanya.

“Agar seluruh agenda DPRD dapat terlaksana dengan baik, sesuai dengan yang telah direncanakan dan diputuskan dalam keputusan pimpinan DPRD,” pungkasnya.[toso]
loading...

Posting Komentar

0 Komentar