Jaga Lingkungan, Sudiarto: Jangan Biasakan Membuang Sampah Sembarangan

BUNTOK, MK - Kebiasaan membuang sembarangan kadang dianggap hal bisa dan remeh. Padahal dampaknya sangat buruk dan bisa berakibat fatal, seperti banjir.

Untuk itu, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Barito Selatan (Barsel) Kalimantan Tengah, H Sudiarto, SE mengimbau masyarakat jangan membiasakan membuang sampah ke sungai maupun drainase.

Ini penting diperhatikan sekaligus diaplikasikan agar air sungai tidak tercemar, dan drainase tidak mengalami kebuntuan.

"Selain membuat pencemaran dan pendangkalan sungai dan drainase, membuang sampah tidak pada tempatnya juga memicu terjadinya bencana banjir," ucapnya kepada metrokalimantan.com, Jumat (26/6/2020

Ia juga menambahkan, membuang sampah sembarangan juga memicu air sungai dan drainase terkontaminasi bermacam-macam bakteri dan virus.

Sehingga, lanjutnya, tak sedikit mengakibatkan masyarakat mudah terserang bermacam penyakit, seperti demam berdarah, muntaber, malaria, tipus. Apalagi saat ini sedang musim pandemi Covid-19.

Menurutnya, di tengah situasi pandemi yang serba sulit ini, hendaknya masyarakat semua berperilaku hidup bersih dan sehat.

"Karena perilaku bersih dan sehat merupakan bagian dari langkah agar kita tidak mudah terserang berbagai macam penyakit," terang Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini.

Tidak hanya itu, selain berperilaku bersih dan sehat, hendaknya masyarakat juga mengonsumsi makanan dan minuman yang memiliki nilai gizi yang cukup, di samping istirahat seperti tidur selama 8 jam dalam sehari.

"Ini agar imunitas atau daya tahan tubuh kita tetap stabil, sehingga bakteri dan virus tidak mudah masuk, saat kita beraktivitas," katanya.

Ia juga berpesan, hendaknya kita semua tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah, karena itu juga bagian dari upaya untuk mencegah Covid-19.[deni]
loading...

Posting Komentar

0 Komentar