Tingkatkan Pelayanan, Pemdes Pulau Telo Lama Gelar Rakor

KUALA KAPUAS, MK - Guna meningkatkan koordinasi sekaligus menjalin tali silaturahmi yang baik, Pemerintah Desa (Pemdes) Pulau Telo Lama menggelar rapat koordinasi (Rakor), Jumat (26/6/2020).

Rakor ini dilakukan perangkat Pemdes di Kecamatan Selat ini bersama Dinas Sosial (Dinsos), Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kapuas, Camat Selat, Bhabinsa dan seluruh komponen masyarakat desa.

Pada kesempatan ini, Kepala Dinas PMD, Yanmarto menyampaikan pengarahan agar Pemdes dan masyarakat Desa Pulau Telo selalu mengedepankan musyawarah dan mufakat dalam menyelesaikan setiap permasalahan yang muncul di tengah masyarakat.

"Ini guna menemukan jalan keluar yang baik. Apalagi pada masa pandemi Covid-19 dan pelaksanaan PSBB saat ini, Pemdes ditantang untuk dapat mendengar dengan seksama keluhan masyarakat," kata Yanmarto.

Selain itu, lanjut dia, guna membantu dengan cepat masyarakatnya yang sedang mengalami kesulitan secara ekonomi dan sosial. 

"Kami mengajak Kades dan jajaran Desa pulau Telo Lama untuk terus berupaya meningkatkan koordinasi dengan semua pihak guna melayani masyarakat dan jangan sampai ada miss komunikasi dalam pelaksanaan tugas-tugas," harapnya.

Yanmarto juga menegaskan, Rakor bukanlah wadah untuk mencari kesalahan orang lain melainkan tempat untuk saling evaluasi dan koreksi dalam meningkatkan kualitas kinerja. 

"Kami akan kawal Pemdes Pulau Telo untuk  dapat melaksanakan program program pembangunan di Desa sesuai harapan masyarakat," tandasnya.

Kepala Dinsos Kapuas, Budi Kurniawan juga menyampaikan pentingnya sinergi dan keterpaduan semua unsur, misalnya dalam proses pendataan terkait bantuan sosial.

"Kita bersyukur bahwa untuk desa Pulau Telo Lama sudah pendataan sudah rampung tinggal menunggu penyalurannya saja," kata Budi.

Sementara, Camat Selat, Selamet menekankan tentang pentingnya pembenahan database kependudukan yang baik di Desa Pulau Telo agar ke depan penyaluran bantuan bisa dilakukan dengan cepat. 

Menurutnya, desa-desa yang datanya baik menerima bantuan lebih cepat.

Dalam Rakor tersebut juga dilakukan diskusi serta sesi tanya jawab dengan warga masyarakat yang hadir tentang berbagai hal terkait penyelenggaraan Pemdes, pelayanan masyarakat serta program pembangunan desa. 

Dari hasil diskusi terdapat beberapa aspirasi dan masukan dari warga sebagai catatan penting bagi Pemdes untuk terus meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakatnya.

Sebelum menutup Rakor, Kepala Desa Pulau Telo Syamsul Arif menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Kadis PMD dan Kadis Sosial, Camat Selat beserta rombongan yang bersedia hadir memberikan arahan dan masukan sebagai bahan tindak lanjut dari Pemdes Pulau Telo ke depannya.[zulkifli]

loading...

Posting Komentar

0 Komentar