Jelang Lebaran, Ribuan Paket Sembako Dijual di Pasar Murah

Jelang Lebaran, Ribuan Paket Sembako Dijual di Pasar Murah

PULANG PISAU, MK - Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 H tahun 2020 ini, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Kabupaten Pulang Pisau kembali mengadakan pasar murah.

Pada pasar murah kali ini, pihaknya menyiapkan 2800 paket sembako bersubsidi untuk masyarakat di enam kecamatan di wilayah Kabupaten Pulang Pisau.

Kepala Dinas Perindagkop dan UKM Pulang Pisau Elieser Jaya, mengatakan pasar murah tahun ini diperuntukan khusus untuk masyarakat Pulang Pisau beragama muslim yang hendak merayakan lebaran Idul Fitri.

"Pasar murah ini emang jadi adenda rutin kita setiap tahunnya menjelang hari besar, sepeti Idul Fitri dan Natal," ucap Elieser saat dikonfirmasi diruang kerjanya, Senin (18/5/2020).

Untuk tahun ini, ungkap Elieser, teknis pasar murah pada tahun ini berbeda seperti tahun sebelumnnya. Sebab, pada tahun ini Pulang Pisau secara khusus mengalami wabah Corona atau Covid-19. Sehingga, harus disalurkan ke pihak kecamatan, kelurahan dan desa.

"Jadi, teknisnya yang mengaturnya nanti para camat, lurah atau kades. Ini untuk menghindari dari kerumunan masa, karena kita tengah dilanda wabah Covid-19," ungkapnya.

Kemudian, kata Elieser, setiap kecamatan, kelurahan maupun desa masing masing mendapatkan 70 paket sembako dengan harga pasaran per paket Rp150 ribu dan disubsidikan dari pemerintah daerah pulang pisau Rp50 ribu.

"Jadi, di pasar murah ini masyarakat bisa membelinya dengan harga Rp100 ribu saja, kita subsidi Rp50 ribu," ungkapnya lagi.

Adapun untuk 6 kecamatan yang menjadi target pasar murah dan jumlah paket sembako yang dijual, yakni Kecamatan Kahayan Hilir 700 paket, Kecamatan Kahayan Kuala dan Maliku 500 paket, Kecamatan Pandih Batu 450 paket, Kecamatan Jabiren Raya 300 paket dan Kecamatan Sebangau Kuala 350 paket.

Sedangkan sembako yang dijual perpaket itu, yaitu Beras 5 kg, 2 liter minyak goreng, 2 kg gula putih, 2 kaleng Sarden dan 2 kotak teh celup.

"Semoga dengan adanya pasar murah ini, bermanfaat bagi masyarakat, khususnya bagi umat muslim yang akan merayakan lebaran Idul Fitri yang tidak lama lagi akan dilaksanakan," tutupnya.[manan]
Lebih baru Lebih lama