Jelang 1 Juni, Ensilawatika: Jaga Semangat Pancasila

Jelang 1 Juni, Ensilawatika: Jaga Semangat Pancasila

BUNTOK, MK - Pancasila merupakan ideologi dasar negara Indonesia. Pancasila terdiri dari dua kata yang diambil dari bahasa Sanskerta, yakni Panca yang berarti lima dan Sila yang mengandung makna prinsip atau asas. 

Artinya, Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.

Kelahiran Pancasila sebagai lambang negara Indonesia dan setiap tahun diperingati setiap tanggal 1 Juni bertujuan untuk memantapkan makna pancasila dalam kehidupan bernegara.

Karena itu, menurut Ketua Komisi ll  DPRD Barsel, Ensilawatika Wijaya,   nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila harus dipahami dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Untuk itu, mari bersama-sama kita pahami dan amalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya kepada metrokalimantan.com, Minggu (31/5/2020).

Dia berharap, seluruh lapisan masyarakat mampu menjaga persatuan dan kesatuan dan tidak mudah dipecah belah oleh pihak manapun. 

"Ayo kita jaga semangat pancasila dan kehidupan berbangsa dan bernegara demi keutuhan NKRI. Jangan mudah terpecah belah akibat adu domba pihak lain," legislator dari PDIP ini.[deni]

Lebih baru Lebih lama