Jarliansyah Ajak Masyarakat Jaga Keutuhan Ideologi Pancasila

Jarliansyah Ajak Masyarakat Jaga Keutuhan Ideologi Pancasila

BUNTOK, MK - Anggota DPRD Barito Selatan (Barsel) Jarliansyah mengajak seluruh masyarakat agar memperkuat, meneguhkan, menjaga kesatuan dan keutuhan ideologi pancasila yang menjadi dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

Hal ini, menurut Jarliansyah sangat penting dilakukan, karena Pancasila terbukti menjadi alat pemersatu bangsa di tengah keanekaragaman.

“Gerakan apapun untuk memecah belah keutuhan NKRI tidak datang dari luar saja tetapi juga dari dalam. Ini yang harus diingat masyarakat untuk tetap waspada sehingga ke depan, keutuhan NKRI bisa dipertahankan,” katanya Jarliansyah kepada metrokalimantan.com, Minggu (31/5/2020).

Menurutnya, untuk mengingatkan masyarakat agar mampu memaknai serta memahami falsafah pancasila itu sendiri, dengan menjaga jiwa dasar pancasila yang digali dari budaya asli Indonesia yaitu gotong royong.

“Kita harus kembalikan roh patriotisme dengan menumbuhkan semangat nasionalisme di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat,” tegasnya.

Dijelaskan politisi PDIP ini, peringatan Hari Lahir Pancasila yang jatuhnya pada 1 Juni, harus dijadikan momentum untuk mengembalikan Pancasila sebagai ideologi dan falsafah yang hakiki. 

"Maka bila Pancasila diterapkan dengan baik dapat menangkal isu-isu intoleransi, terorisme dan radikalisme," ungkapnya.[deni]
Lebih baru Lebih lama