Warga Terdampak Covid-19 Dapat KKS

Warga Terdampak Covid-19 Dapat KKS

KOTABARU, MK - Perluasan program bantuan sosial pangan dilakukan Pemerintah Kabupaten Kotabaru melalui Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Kartu ini secara simbolis diserahkan Bupati Kotabaru, Sayed Jafar, Jumat (24/4/2020).
Bupati Sayed dalam sambutannya menyampaikan, KKS untuk hari ini diberikan kepada 4 kecamatan, seperti Kecamatan Pulau Laut Utara sebanyak 463 kartu, Pulau Laut Sigam 280 kartu, Pulau Laut Timur 143, dan Pulau Laut Tengah 171 kartu. 
"Saya berpesan kepada camat yang menerima kartu KKS tersebut, agar dapat menjelaskan kepada warga yang menerima bahwa kartu ini bisa digunakan di agen Brilink BRI yang ada," tutur Sayed.
Plt Kadis Sosial, Nurvizah mengatakan, perluasan program bantuan sosial berupa sembako ini adalah satu upaya pemerintah dalam penanganan Covid-19, dan salah satunya Kabupaten Kotabaru sebagai penerima manfaat program sosial. 
Penerima KKS ini berdasarkan data clear dari BRI, di mana terdapat 3.246 KKS baru yang akan dibagikan ke 21 kecamatan se-Kotabaru.
“Bantuan ini disalurkan langsung dari Kementerian Sosial ke masing-masing rekening KPM sebesar Rp200 ribu per bulan, untuk ditukarkan dengan bahan pangan berupa karbohidrat, protein hewani dan nabati, vitamin dan mineral yang bisa dibelanjakan lewat agen Brilink BRI yang telah ditunjuk,” terang Viza.
Sementara itu, Kepala Pinca BRI Kotabaru, Slamet Riyadi menjelaskan, BRI bersama Dinas Sosial menjadi jembatan untuk menyerahkan bantuan KKS kepada semua warga penerima manfaat.
"BRI adalah sebagai bank penerima dana, kemudian disalurkanalurkan kepada rekening masing-masing penerima manfaat. Selanjutnya dapat dicairkan oleh pemilik rekening lewat agen Brilink BRI yang ada," jelas Slamet.
Kemudian penerima manfaat bisa menggunakan kartunya di agen Brilink yang ada jual sembako, agar kartunya dapat digunakan atau dibelanjakan dengan barang. Kartu ini tidak bisa digunakan di agen Brilink yang tidak jualan sembako.[zainuddin]

Lebih baru Lebih lama