Waspada Kejahatan Rumah Kosong, Ini Pesan Ensilawatika

BUNTOK, MK - Aksi kejahatan bisa terjadi kapan dan di mana saja. Tentunya situasi yang memungkinkan juga berpotensi mengundang aksi kejahatan. Sebut saja seperti rumah kosong yang ditinggal penghuni bepergian.
Untuk mencegah ini, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Barito Selatan (Barsel), Ensilawatika Wijaya mengimbau masyarakat agar senantiasa waspada akan kejahatan saat harus meninggalkan rumah.
"Kewaspadaan potensi bahaya kejahatan, sangat penting dilakukan sedini mungkin. Karena kejahatan bisa saja terjadi lantaran adanya kesempatan," terangnya, Minggu (22/3/2020).
Sebelum meninggalkan rumah, lanjutnya, harus dipastikan dulu kondisi rumah aman, dan terkunci rapat. Ini untuk menghindari potensi terjadinya tindak kejahatan di saat kondisi rumah sedang kosong.
Sementara itu, terkait kondisi penyebaran virus Corona yanv tengah melanda saat ini, Ensilawatika juga meminta warga untuk mencegahnya, minimal dengan menggunakan masker saat bepergian.
"Masyarakat kiranya senantiasa mengenakan masker saat bepergian ke mana pun. Kemudian juga mencuci tangan dengan sabun atau antiseptik sebelum dan sesudah beraktivitas," tuturnya.
Sikap menjaga kondisi fisik dan kesehatan ini perlu agar tidak mudah terkontaminasi bermacam penyakit, baik bakteri maupun virus.
Masyarakat harus senantiasa hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari, baik di rumah maupun di luar rumah atau saat beraktivitas.
"Dengan cara mengonsumsi makanan dan minuman yang baik bagi kesehatan. Karena dengan cara itu membuat kondisi badan senantiasa bugar," tutup politisi PDIP ini.[deni]
loading...
TAG