Lawan Corona, Relawan MRI-ACT Kalsel Semprotkan Disinfektan

Lawan Corona, Relawan MRI-ACT Kalsel Semprotkan Disinfektan

BANJARMASIN, MK - Aksi bersama melawan Corona Virus Disease (Covid-19) juga dilakukan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kalimantan Selatan. Satu di antaranya dengan menyemprotkan cairan disinfektan ke berbagai tempat di Banua. 
Upaya ini dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Berbekal Alat Pelindung Diri (APD) lengkap dan penyemprot disinfektan, relawan ACT berjumlah enam orang secara bergantian menyemprot dan membersihkan permukaan benda yang sering dipegang, di antaranya altar, pintu, kursi, keran air dan lain sebagainya.
Salah satu relawan MRI-ACT, Riadi, Senin (23/3/2020) mengatakan, kegiatan penyemprotan disinfektan ditujukan agar masyarakat terbebas dari virus corona. Apalagi ada beberapa kota/kabupaten di Kalsel ditemukan kasus Orang Dalam Pemantauan (ODP) maupun Pasien Dalam Pengawasan (PDP).
"Semoga dengan dilakukannya kegiatan ini, masyarakat bisa menjaga diri. Ini penting agar kita semua terbebas dari virus yang menggemparkan negeri kita ini," tuturnya.
Senada, Anjar Sufagat mengatakan, penyemprotkan dilakukan juga di masjid-masjid yang ada di Tanah Bumbu, sehingga masyarakat yang ingin melakukan ibadah bisa tenang dan lancar.
“Penyemprotan cairan disinfektan di masjid ini agar para jemaah lebih tenang dalam dalam beribadah. Kegiatan ini mendapat dukungan Camat Kusan Hilir dan Lurah Kota Pagatan. Mereka menyambut baik langkah yang dilakukan MRI-ACT ini,” ungkapnya.
Sebagai Kepala Pondok Pesantren Yayasan Insan Madani, Ia mengatakan, ini sangat berguna untuk sekolahnya dalam mencegah wabah virus corona ini agar tidak mengkhawatirka para orangtua dan juga siswa.
“Alhamdulillah, sekolah kami dibantu disemprotkan desinfektan oleh ACT MRI, semoga ini bisa berlanjut ke sekolah-sekolah lainnya,” Katanya.
Sementara it,  Tim Program ACT Madiun, M Budi mengungkapkan, kegiatan tersebut adalah bagian dari aksi global #BersamaLawanCorona. Selain penyemprotan disinfektan, ACT juga memberikan edukasi kepada masyarakat tentang virus Corona, mulai mencuci tangan yang baik, penyebaran hingga cara mencegahnya dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).
“Program ini akan terus berlanjut, hingga kondisi dirasa aman, sehingga banyak kalangan masyarakat tidak khawatir dengan wabah virus corona ini,” imbuhnya.
Bagi masyarakat yang ingin bersama-sama melawan virus Corona bisa menyalurkan bantuan terbaiknya untuk saudara-saudara kita yang perlu mendapat bantuan. Bisa melalui transfer ke BNI Syariah 88 0000 490 dan Bank Kalsel 001-001-200-1980, atau kontak ke 0813 9549 9028.[mia/rilis]

Lebih baru Lebih lama