Ramai Upaya Cegah Covid-19, Pemkot Rencanakan Ini

Ramai Upaya Cegah Covid-19, Pemkot Rencanakan Ini

BANJARMASIN, MK - Sesuai rencana yang diutarakan Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina saat ditemui usai penyemprotan gabungan di Masjid Jami Sungai Jingah, hari ini, Jumat (27/4/2020), Pemerintah Kota Banjarmasin mulai melakukan disinfektasi di beberapa Pasar Tradisional.
Menurut Ibnu, upaya Pemkot tidak hanya melakukan disinfektasi, pemasangan keran umum juga akan diadakan.
"Rencananya akan ada penyemprotan dan pemasangan keran umum untuk cuci tangan sumbangan dari beberapa perusahaan, nanti mungkin hari senin kita pasang di beberapa titik," ujar Ibnu kepada metrokalimantan.com.
Ibnu juga berharap upaya ini dapat membantu penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). 
"Mudah-mudahan itu juga bisa membantu perilaku hidup bersih dan sehat dengan mencuci tangan dengan air mengalir minimal 20 detik. Saya kira itu partisipasi dari semua pihak saya ucapkan terima kasih," harapnya.
Menanggapi upaya penyemprotan ini, Kepala Bidang Peningkatan Sarana Distribusi Perdagangan dan Pasar (PSDP) Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Banjarmasin, Ichrom Muftezar mengaku telah berkoordinasi dengan dinas kesehatan. Penyemprotan akan dilakukan dalam beberapa hari ke depan melihat situasi dan kondisi.
"Kalau seandainya segalanya mendukung maka kita lakukan penyemprotan pasar-pasar di kota Banjarmasin dalam beberapa hari ini," imbuhnya. 
"Jadi kita lihat sikonnya saja. Kalau seandainya memang yang menjual barang basah bahan makanan akan kita lakukan setelah mereka tutup, tapi kalau yang dijual itu baju atau bukan barang makan mungkin kita bisa lakukan di siang hari," papar Tezar.[wahyu]

Lebih baru Lebih lama