Petani Milenial Harus Ubah Mindset dari Tradisional ke Modern

Petani Milenial Harus Ubah Mindset dari Tradisional ke Modern

BANDAR LAMPUNG, MK - Petani milenial merupakan harapan bangsa untuk membangun keberlanjutan pertanian yang akan datang. Karena itu penting dilakukan pembangunan pertanian.
"Tujuan pembangunan pertanian adalah menyediakan pangan untuk 267 juta jiwa penduduk Indonesia, meningkatkan kesejahteraan petani, dan meningkatkan ekspor yang diikuti dengan peningkatan kesejahteraan petani," jelas Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian saat kunjungan pers BPPSDMP dan membuka Pelatihan Tematik Pengolahan Hasil Pertanian Kakao dan Ubi Kayu di Balai Pelatihan Pertanian Lampung, Jumat (6/3/2020).
Dedi menyampaikan kepada seluruh petani yang hadir dalam pelatihan, untuk meningkatkan produktivitas sekarang sudah ada inovasi varietas didampingi penggunaan pupuk berimbang dan optimalisasi Alsintan.
Ia juga terus memotivasi kepada petani milenial agar merubah mindset dari tradisional ke modern.
“Petani harus mampu berpikir dan petani juga harus lebih tau, penyuluh mendampingi petani, Kostratan tempatnya berkumpul," tegas Dedi.
Menurutnya, petani harus bisa menganalisis harga jual dan kebutuhan pasar, yang mampu mengatur harga adalah supply dan demand dan juga memperhatikan musim tanam.
Di akhir arahannya, Dedi menyampaikan pesan kepada petani untuk lebih meningkatkan produktivitas dan terus menjaga kualitas dari ubi kayu dan kakao di Lampung.[advertorial]
Lebih baru Lebih lama