Magang Usai, Siswa SMK-PP Negeri Banjarbaru segera Presentasikan Hasilnya

Magang Usai, Siswa SMK-PP Negeri Banjarbaru segera Presentasikan Hasilnya

BANJARBARU, MK - Tak terasa magang bagi siswa kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian Pembangunan (SMK-PP) Negeri Banjarbaru Tahun Pelajaran 2019/2020 sudah mulai berakhir.
Magang yang bertujuan untuk memberikan pengalaman kerja dan meningkatkan kompetensi siswa bagi calon penerus generasi muda di bidang pertanian ini, mulai dilakukan penjemputan.
Salah satu kelompok yang mulai dijemput ialah kelompok yang magang di PT Bisi di Pujon, Malang, Jawa Timur. Penjemputan dilakukan mulai Jumat (13/3/2020). 
Penjemputan kali ini dilakukan oleh 2 guru SMK-PP Negeri Banjarbaru kepada 11 siswa dari Kompetensi Keahlian Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH).
Menurut salah satu guru penjemput magang siswa di PT. Bisi, Patmawati, semua siswa yang mengikuti magang melaksanakan tugas dengan baik sesuai anjuran perusahaan.
“Salah satu kegiatan siswa yaitu polinasi yang dilaksanakan di greenhouse. Sedangkan sortasi di lapangan kerja, penanaman kailan, selada kubis di lahan sewa dan ada beberapa jenis tanaman termasuk labu madu," terang Patmawati.
Dari hal tersebut, Patmawati berharap setelah magang dapat menambah pengetahuan baik dari segi keterampilan maupun teknisnya yang siswa sudah mempraktikan langsung ke lapangan.
"Termasuk cara pengisian media tanam yang ada di dalam greenhouse contoh, lombok, tomat, kentang, bawang prei dan beranekaragam tanaman yg ada di dalamnya," tuturnya.
Salah satu siswa peserta magang, Leny Fitriani dari Kelas XI ATPH A menyampaikan pengalamannya selama magang di PT. Bisi.
Menurutnya, pelaksanaan magang cukup baik, kedisiplinannya juga cukup tinggi, dan sesuai dengan prosedur yang ada di perusahaan.
Selama magang, lanjut Leny, materinya tentang budidaya tanaman. “Seperti budidaya selada, kubis, kailan, labu, pengalaman nya kita dapat mengetahui cara menanam yg baik, prosessing benih," imbuhnya.
Setelah magang ini, semua siswa akan kembali beraktivitas di sekolah lagi, di mana mereka selanjutnya diwajibkan untuk membuat laporan magang baik secara individu, maupun kelompok untuk kemudian dipresentasikan kepada para guru pembimbing.[willy/advertorial]

Lebih baru Lebih lama