Jadi Lalu Lintas Tongkang, DAS Barito Harus Waspada Corona

BUNTOK, MK - Penyebaran virus Corona sulit dideteksi. Karena itu, langkah kewaspadaan dan antisipasi harus dimiliki setiap warga. Tak terkecuali dengan warga yang ada di pedesaan.
Karena itu, untuk mencegah penyebaran virus mematikan ini, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Barito Selatan (Barsel), Sudiarto mengimbau masyarakat di Desa untuk waspada virus Corona.
"Harus waspada, khususnya masyarakat yang berada di Dasar Aliran Sungai (DAS) Barito," tegasnya kepada metrokalimantan.com, Selasa (24/3/2020)
DAS Barito merupakan media transportasi air di 4 kabupaten, yakni Murung Raya, Barito Utara, Barito Timur, dan Barito Selatan. Ini juga menjadi lintas transportasi air antar provinsi tetangga, Kalimantan Selatan (Kalsel).
Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) Barsel ini mengatakan, selain transportasi air, Sungai Barito juga digunakan untuk aktivitas mengangkut batubara menggunakan tongkang. 
"Tugboat yang menarik tongkang tersebut lintas pulau dan lintas antar provinsi hingga luar negeri. Tidak menutup kemungkinan wabah Covid-19 bisa menulari masyarakat di DAS Barito," tuturnya.
Walaupun kasus tersebut belum terdengar, hendaknya masyarakat waspada akan bahaya virus Covid-19 itu. Ini aga virus ini tidak mewabah di DAS Barito, khususnya di desa.
"Tentunya akan kesulitan untuk penanganannya, lantaran untuk menjangkau desa di area DAS Barito kebanyakan hanya bisa dijangkau menggunakan akses transportasi air," pungkasnya.[deni]

loading...
TAG