Datang dari Kaltim, Jemaah Haul Guru Sekumpul Ini Haru

Datang dari Kaltim, Jemaah Haul Guru Sekumpul Ini Haru

MARTAPURA, MK - Haul KH Muhammad Zaini Bin Abdul Ghani atau Abah Guru Sekumpul selalu dihadiri jutaan umat muslim yang berasal dari Kalimantan, luar kalimantan bahkan luar negeri.
Di haul ke-15 Abah Guru Sekumpul ini, jemaah dari berbagai penjuru yang hadir melebihi dari haul sebelumnya.
Seperti jemaah yang berasal dari berbagai daerah di Kalimantan Timur (Kaltim) ini, dengan menggunakan ratusan kendaraan roda dua dan roda empat menuju kota Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel).
Ratusan kendaraan tersebut membawa rombongan jemaah yang berasal dari berbagai daerah di Kaltim.
Lulu, salah satu jemaah asal Desa Songka, Kecamatan Batu Sopang, Kabupaten Paser, Kaltim, menuturkan, mereka berangkat dari Songka sehari sebelumnya pada pukul 14.00 waktu setempat dan sampai di Martapura pada pukul 00.10 Wita.
"Perjalanan menuju haul ini sangat mengharukan, di mana hampir setiap perkampungan dan rumah ibadah, rumah makan serta instanti menyediakan rest area untuk para jemaah beristirahat dan menikmati makanan dan minuman yang disiapkan secara gratis untuk para jemaah," ungkapnya, Minggu (1/3/2020) malam.
Selain itu, lanjutnya, para relawan haul pun ada yang menyediakan pompa ban dan tambal ban gratis, bahkan ada yang menyiapkan BBM gratis serta penginapan gratis bagi para jemaah haul.
Sementara itu, Zuleha Agustina yang juga satu rombongan dengan Lulu mengungkapkan, ada dorongan kuat di batin untuk mengikuti haul ulama besar Kalimantan ini.
"Begitu kuat panggilan hati ini, saya tak bisa mengutarakannya dengan kata-kata," tukasnya dengan nada haru.[kenedy]
Lebih baru Lebih lama