Cegah Corona, Warga Bangkuang Gelar Tolak Bala

BUNTOK, MK - Sejak diberlakukannya status Tanggap Darurat Pandemi Covid-19 di Kalimantan Tengah (Kalteng) dan meningkatnya progres Orang Dalam Pemantauan (ODP) di wilayah Kalteng.
Menyikapi hal itu, ratusan warga Kelurahan Bangkuang, Kecamatan Karau Kuala, Kabupaten Barito Selatan (Barsel) Kalteng menggelar acara tolak bala dengan cara mengelilingi kampung agar terhindar dari virus asal Wuhan, Cina tersebut, Minggu (23/3/2020) malam.
Jemaah yang mengikuti acara tolak bala itu diikuti semua tingkatan usia, baik itu laki-laki maupun perempuan.
Menurut salah satu jemaah, Guru Saleh HA menuturkan, kegiatan tolak bala ini memohon kepada Allah SWT agar terhindar dari musibah dan bala bencana, terkhusus musibah virus corona dan kebakaran.
"Ritual tolak bala ini dilaksanakan sebagai upaya menangkal masuknya wabah virus corona atau Covid-19 di Kelurahan Bangkuang khususnya dan Kalteng pada umumnya," ucapnya.
Sementara itu, Muhammad Dedy Setiawan SHI mengungkapkan, tolak bala ini berlangsung turun temurun di kawasan mereka untuk mengusir wabah penyakit dan lainnya.
"Dalam tolak bala keliling ini membaca surah yasin, salawat dan burdah. Sebagai umat beragama kita harus berdoa kepada Allah semoga terhindar dari musibah. Semoga musibah yang melanda negeri ini cepat berlalu," tandasnya.[kenedy]
loading...
TAG