Usung Kostratani, BBPP Binuang Gandeng Japfa Comfeed Indonesia

PELAIHARI, MK - Kostratani merupakan program Kementerian Pertanian (Kementan) periode kepemimpinan Menteri Pertanian, Dr H Syahrul Yasin Limpo SH MA sekarang ini.
Kepala BPPSDMP Kementan, Prof Dr Ir Dedi Nursyamsi M.Agr dalam sambutannya pada pembukaan  Koordinasi Penyelenggaraan Pelatihan, Kerjasama Pelatihan dan Program Readsi 2020 di Indoluxe Hotel Jogjakarta, 13 hingga 14 Februari 2020 mengatakan, Kostratani secara umum merupakan program memberdayakan Balai Penyuluhan Pertanian di Kecamatan agar kinerja BPP meningkat dan terarah. 
"Terbukti pada masanya BPP dapat mempertahankan kesediaan pangan Indonesia," tutur Dedi.
Secara gamblang Dedi menjelaskan, ada lima poin dalam gerakan Kostratani. Pertama, BPP merupakan pusat data dan informasi. Kedua, sebagai pusat gerakan pemberdayaan pertanian. Ketiga sebagai pusat pembelajaran. Kemudian keempat, sebagai pusat konsultasi agribisnis, dan kelima, sebagai pusat pengembangan jejaring kemitraan.
Sementara itu, Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang juga terus berupaya menyukseskan program Kostratani dengan cara membangun kemitraan dengan dunia usaha dan dunia industri di wilayah kerjanya. 
"Ini kami lakukan untuk menyiapkan jejaring kerja sama pada pelaku dunia usaha dan dunia industri," terang Kepala BBPP Binuang, Dr Ir Yulia Asni Kurniawati M.Si, didampingi Kasie Program dan Kerjasama Agus Sumantri SP saat kunjungan kerja ke PT. Japfa Comfeed Indonesia Tbk Pelaihari.
"Peluang sangat besar bagi petani untuk tanam jagung. Kami akan membina dan menyiapkan kelembagaan binaan, yaitu P4S untuk dijadikan mitra pemasok jagung untuk PT Japfa," imbuh Yulia.
Kunjungan BBPP Binuang ini sendiri difasilitasi Rian bagian Divisi Pembelian Jagung. 
"Setiap tahun produksi pakan yang kami produksi, memerlukan suplai hasil jagung dari pulau Sulewesi dan Jawa," jelas Rian. 
Sebenarnya, lanjut Rian, pihaknya menginginkan suplai jagung bisa dipenuhi oleh petani Kalsel sendiri. Karena itu petani lokal diharapkan bmenjadi mitra untuk mencukupi produksi.
Untuk menyiapkan P4S ini, BBPP Binuang akan mengumpulkan P4S wilayah Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan saat acara konsolidasi dan sosialisasi kegiatan tahun 2020 di BBPP Binuang, 18 hingga 19 Februari 2020.[advertorial]
loading...

Posting Komentar

0 Komentar