Target Penghargaan di Hari Kemerdekaan, BBPP Binuang Siapkan P4S Berprestasi

Target Penghargaan di Hari Kemerdekaan, BBPP Binuang Siapkan P4S Berprestasi

SAMARINDA, MK - Pembinaan intens P4S, tentunya tak luput dari arah kinerja yang dicanangkan Kepala Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang, Dr Ir Yulia Asni Kurniawati M.Si.
Pada tahun 2020 ini, P4S binaan BBPP Binuang ditarget harus masuk dalam kategori P4S berprestasi dan menerima penghargaan dari Presiden RI di momen peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 2020.
"Kita harus berusaha dan bekerja keras untuk menjadikan P4S binaan BBPP Binuang menjadi P4S berprestasi," terang Yulia, Sabtu (8/2/2020).
Tidak main-main, untuk mengejar target itu Yulia membentuk Tim Khusus membina P4S, dengan maksud agar lebih terarah dalam pembinaannya. 
Berikan semangat dan dukungan kegiatan, membangun semangat pengelola P4S, mengarahkan untuk bermitra dengan dunia usaha melalui MoU untuk pemberdayaan masyarakat petani.
"Dan tidak kalah penting membangun tertib administrasi  P4S," tegas Yulia.
Selaras dengan arah kinerja itu, kembali BBPP binuang menggelar pelatihan Tematik Pertanian Terpadu di 2 P4S wilayah Kalimantan Timur, yaitu P4S Law Kawar Kabupaten Kutai Kartanegara dan P4S Durian Mahroman Kota Samarida.
Pelatihan yang digelar dari 6 hingga 8 Februari 2020 ini mengundang narasumber dari Bank BNI Kalimantan Timur untuk menyampaikan materi pemanfaatan dana KUR untuk kegiatan usaha tani.
Selain itu juga mengundang Bank Indonesia wilayah Kalimantan Timur sebagai peninjau. Pelatihan ini dihadiri Konsultan Bank Indonesia Yusuf Arif Setiawan dan Deputi Program CSR, Lukman Prihandoni. 
Perwakilan Bank Indonesia sangat terkesan dengan keberadaan P4S Durian Makroman. "Bank Indonesia akan membangun kerja sama melalui program CSR untuk pengembangan sumber daya petani dengan P4S Durian Makroman, juga P4S lainnya di Kalimantan Timur," tutur Lukman.
Pelatihan yang berakhir Sabtu, 8 Februari 2020 ini ditutup Kepala BBPP Yulia dan dilanjutkan dengan pengisian form penilaian calon P4S berprestasi oleh Kepala Seksi Program dan Kerjasama Agus Sumantri SP, disaksikan Ketua FK Kalimantan Timur Andi Burhan.
Berdasarkan hasil isian form P4S berprestasi ini akan dijadikan acuan dalam memperbaiki dan meningkatkan kekurangan yang masih ada. "Selajutnya secara intensif BBPP Binuang dapat menjadikan dasar untuk pembinaan selanjutnya," papar Sumantri.[bayu]
Lebih baru Lebih lama