Pasien Diduga Terinfeksi Virus Corona di Kalteng Dipulangkan

Pasien Diduga Terinfeksi Virus Corona di Kalteng Dipulangkan

PALANGKA RAYA, MK - Pasien rujukan dengan diagnosis dicurigai terinfeksi virus 2019 n-CpV/ COVID-19 atau yang lebih dikenal dengan Novel Coronavirus yang diisolasi dan dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Doris Sylvanus Palangka Raya sejak 10 Februari 2020, akhirnya dipulangkan.
Direktur RSUD Doris Sylvanus, dr Yayu Indrianty Sp KGA menyampaikan, sebagai rumah sakit rujukan menangani sesuai prosedur penanganan pasien dengan Infeksi Emerging/PIE oleh tim manajemen klinis.
Selain itu, rumah sakit pelat merah ini juga bekerja sama dengan pihak terkait lainnya sesuai kewenangan, di antaranya Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng, KKP Regional III Palangka Raya, Dokkes Polda, Faskes lainnya.
Dari hasil pemeriksaan spesimen serum darah dan usap tenggorok yang dilakukan oleh PuslitbangKes Kemenkes RI di Jakarta, pasien tersebut dinyatakan negatif atau tidak tertular infeksi Novel Coronavirus.
Hal tersebut disampaikannya saat menggelar Press Rilis di RSUD setempat, Jumat (14/2/2020).
dr Yayu sapaan akrabnya melanjutkan, pasien dirawat dan ditangani di ruang isolasi atas empat dasar kriteria medis, di antaranya demam, batuk pilek, pneumonia ringan dan setelah pulang dari negara terjangkit yang dalam masa inkubasi penyakit 14 hari.
"Artinya pasien ini dinyatakan tidak terjangkit novel coronavirus. Hari ini juga setelah melalui rapat kami sepakat memulangkan pasien tersebut," ungkapnya.
Selain itu, lanjutnya, RSUD Doris Sylvanus bersama Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng, KKP Kelas 3 Palangka Raya serta Dokkes Polda dan TNI sesuai dengan kewenangan masing-masing sudah melakukan upaya kesiapsiagaan dini dan respon untuk mencegah penularan virus corona agar jangan sampai menjadi satu wabah di Bumi Tambun Bungai.
Sementara itu, Ketua Tim Medis, dr Andar Juan Sitanggang Sp.A juga menegaskan, dengan penanganan kasus yang sudah diberikan, pasien sudah membaik dan boleh dipulangkan.
"Semoga Kalimantan Tengah dan Indonesia tidak terdampak penyakit atau bebas kegawatdaruratan kesehatan masyarakat yang meresahkan dunia ini," tukasnya.[kenedy]
Lebih baru Lebih lama