Momen HPN 2020, metrokalimantan.com Diverifikasi Faktual Dewan Pers

BANJARMASIN, MK - Dua bulan menunggu pasca dinyatakan lolos verifikasi administrasi, kantor redaksi metrokalimantan.com akhirnya dikunjungi tim verifikasi Dewan Pers, Kamis (6/2/2020).
Kunjungan yang dipimpin Wakil Ketua Dewan Pers, Hendry Ch Bangun ke markas salah satu media online di Kalimantan Selatan ini, tak lain untuk melakukan verifikasi faktual. 
Usai melakukan verifikasi, Hendry berpesan kepada kru metrokalimantan.com agar terus menghasilkan karya jurnalistik yang  kreatif dan menyejukkan. Juga tak kalah penting agar wartawan lebih kreatif dalam mencari dan menulis berita, serta bisa mengangkat potensi daerah.
"Jadi wartawan itu harus kreatif. Jangan hanya duduk-duduk menunggu rilis berita dan cuma diubah. Sebab wartawan itu mencari dan mengonfirmasikan," terangnya.
Menurut Hendry, media yang sudah terverifikasi harus menjadi media yang berita-beritanya bisa dinikmati masyarakat. "Tentunya harus berkualitas," imbuhnya.
Sementara itu, manajemen PT. Maju Bersama Media (MBM) sendiri mendaftarkan metrokalimantan.com untuk dilakukan verifikasi administrasi ke Dewan Pers pada 18 Oktober 2019.
"Sesuai ketentuan, kami mendaftarkan metrokalimantan.com cukup melalui online, sekitar pertengahan Oktober 2019," tutur Pemimpin Umum Metro Kalimantan, Anshari Yannoor.
Setelah menunggu beberapa kali perbaikan dan melengkapi data-data administrasi perusahaan atau media yang disyaratkan Dewan Pers, baru pada 21 November 2019 metrokalimantan.com dinyatakan lolos verifikasi administrasi.
Verifikasi administrasi tersebut dipastikan dengan tercantumnya nama metrokalimantan.com di situs dewanpers.or.id, tepatnya di kolom Data Perusahaan Pers.
"Mungkin sekitar satu bulan setengah setelah mendaftar online, metrokalimantan.com baru diterima dan dinyatakan lolos verifikasi administrasi," ungkap Anshari.
Menurut pria yang pernah bertugas di desk peliputan olahraga selama 7 tahun ini, ada tujuh kali pengajuan dokumen yang ditolak dan harus diperbaiki maupun dilengkapi saat mendaftar verifikasi administrasi via online tersebut.
Namun, lanjutnya, dengan semangat ingin menjadi perusahaan media yang profesional, perlahan kekurangan itu dilengkapi manajemen PT. MBM hingga akhirnya dinyatakan admin pendaftaran online Dewan Pers diterima.
"Prinsipnya, kalau media kita punya legalitas lengkap dan memenuhi persyaratan, kenapa harus takut mendaftarkan ke Dewan Pers. Apalagi salah satu tugas Dewan Pers kan untuk membina media," jelas Anshari yang mulai meniti karier kewartawanan sejak 2006 ini.
Anshari menambahkan, verifikasi yang dilakukan Dewan Pers ini sangat berharga dan menjadi sejarah bagi metrokalimantan.com, mengingat verifikasi faktual ini dilakukan bertepatan dengan momen peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2020 yang digelar di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.
Direktur Utama PT. Maju Bersama Media (MBM) ini berharap dengan telah diverifikasi secara faktual oleh Dewan Pers ini, wartawan-wartawan metrokalimantan.com makin semangat untuk lebih profesional dalam berkarya sesuai ketentuan undang-undang dan kode etik jurnalistik.[deni/kenedy]

loading...
TAG